Posts in Blogging

Cara Membuat Blog Pribadi

Tulisan cara membuat blog pribadi ini adalah cara yang saya lakukan ketika membuat blog dedipurnomo.com. Sebenarnya cara ini tidak terbatas hanya untuk blog pribari, akan tetapi juga bisa digunakan untuk membuat web bisnis.

Lalu apa yang perlu kita lakukan untuk memulai membuat blog pribadi?

Langkah demi langkah Cara Membuat Blog Pribadi

Berikut adalah proses langkah demi langkah Cara Membuat Blog Pribadi:

1. Tentukan platform blogging.

Ini adalah keputusan penting. Memilih platform yang salah mungkin tidak membuat atau merugikan kita, tetapi itu bisa membuat segalanya lebih sulit daripada yang seharusnya.

Ada banyak situs blog yang berbeda yang dapat kita gunakan, tetapi platform yang paling fleksibel dan mudah digunakan di luar sana adalah WordPress.

Ada dua jenis situs WordPress dan penting bagi kita untuk memilih yang benar. Ada WordPress.com, yang memungkinkan kita mengatur dalam beberapa menit, ini adalah sebuah blog dan domainnya (ex: haidedi.wordpress.com ). Kalau hanya untuk menampilkan tulisan dan gambar, kita bisa menggunakan wordpress.com.

Tapi untuk jangka panjang, saya merekomendasikan untuk menggunakan WordPress.org untuk membuat blog kita sendiri yang di-host. Situs ini mudah digunakan, meskipun mungkin memerlukan sedikit bantuan dengan pengaturan awal.

Kedua versi ini gratis. Hanya hosting dan registrasi domain yang akan membutuhkan biaya sedikit.

Step by step untuk membuatnya sudah saya jelaskan pada tutorial membuat website.

Selain wordpress.org, platform lain yang sepenuhnya gratis dan memberi kita kemampuan untuk mengatur blog kita dalam beberapa langkah; mereka termasuk Weebly , Joomla dan Drupal.

Namun, kita harus menyadari bahwa sebagian besar situs ini tidak akan berfungsi untuk blog bisnis dalam jangka panjang. Batasan dalam hal desain, fungsionalitas, dan SEO akan membuatnya sangat sulit nantinya untuk mengembangkan blog kita untuk mendukung bisnis yang sukses. Ini pendapat saya pribadi yang bisa jadi benar atau bisa jadi salah. Karena hal ini terkait pada platform yang biasa kita gunakan.

2. Pilih tema WordPress.

Salah satu fitur terbaik WordPress adalah memungkinkan kita untuk dengan mudah menyesuaikan tampilan dan nuansa blog kita, menggunakan tema.

Ada daftar besar tema gratis yang tersedia di Direktori Tema WordPress, atau coba periksa tema premium (berbayar) di situs seperti ThemeForest .

Saat memilih tema, perhatikan hal berikut:

  • Kecepatan
    Kecepatan website bisa dipengaruhi oleh desain dari website itu sendiri. Sesuaikan dengan kebutuhan ya.
  • Apakah responsif?
    Apakah ini ditampilkan dengan baik di berbagai perangkat, termasuk desktop, tablet, dan perangkat seluler?
  • Apakah ini memungkinkan tingkat penyesuaian (mis., Mengubah warna, menu navigasi, tombol, widget, dll.)?

3. Daftarkan nama domain.

Setelah kita memutuskan platform blogging mana yang akan kita gunakan, pilih nama domain. Ini akan menjadi URL yang digunakan untuk mengakses situs kita (mis: www.dedipurnomo.com ).

Harga domain dikenakan biaya sekitar Rp. 120rb per tahun; biasanya harga turun jika kita bersedia membayar lebih dari satu tahun di muka. Cobalah untuk memilih domain .com jika memungkinkan. Pastikan domain kita mudah diingat namun cukup spesifik untuk membedakan kita dari situs lain.

Di beberapa penyedia hosting, kita akan mendapatkan domain secara gratis ketika kita membeli paket hosting tertentu.

Baca: Ciri-Ciri dan Contoh Nama Domain Yang Bagus

4. Beli hosting web.

Meskipun situs WordPress kita gratis, kita masih harus membayar untuk meng-host blog kita, yang biayanya lebih dari sewa domain. Kita dapat membeli layanan hosting web melalui sejumlah perusahaan. Tapi untuk saat ini yang saya rekomendasikan adalah: klik di sini.

5. Buat rencana, dan dapatkan tulisan!

Ini adalah bagian yang menyenangkan, alasan kita memutuskan untuk mendapatkan blog pribadi sejak awal. Namun sebelum kita menyelam, penting untuk memikirkan tujuan dari blog kita.

Apa tujuan utama kita?

Apakah itu untuk mendapatkan arahan, membangun daftar email atau menjadi seorang ahli di bidang kita?

Kalau tujuan saya pribadi adalah selain ingin berbagi tentang dunia website, blogging, seo, saya juga ingin membangun jaringan. Saya memasarkan jasa pembuatan website.

Dan ini Alhamdulillah berhasil. Banyak orang yang yang masuk meminta jasa pembuatan website setelah membaca blog saya ini.

Kalau saya bisa, kamu juga insyaAllah bisa melakukannya.

Komitmen untuk blogging

Seberapa sering kita akan berkomitmen untuk blogging? Dua hingga tiga kali seminggu ideal, tetapi blogging sekali seminggu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Kalau saya pribadi, saya menyempatkan untuk setidaknya menerbitkan satu artikel dalam satu pekan untuk blog ini. Kalau pada blog lain yang saya kelola, saya menerbitkan setidaknya 3 artikel setiap hari.

Nuansa blog

Apa “nuansa” blog kita? Santai dan menyenangkan? Berwenang? Akademik? Atau yang lainnya?

Saya sendiri menggunakan bahasa yang santai dan tidak terlalu memperhatikan apakah tulisan saya sesuai dengan aturan bahasa indonesia yang baik dan benar atau tidak. Nulis aja..

Kontak pribadi

Bagaimana kita membuat pembaca kita mengambil tindakan saat berada di blog kita? Kotak penyertaan email? Tautan ke halaman penjualan? Atau menyediakan tombol WhatsApp seperti yang kita lihat di bagian halaman ini.

Mulai!!

Setelah kita memiliki rencana, silakan menulis. Fokus pada topik di mana kita memiliki wawasan unik untuk dibagikan, atau di mana kita benar-benar dapat menambah percakapan. Jangan hanya mengulangi apa yang orang lain katakan. Jadilah orisinal dan tulis tentang topik-topik yang bernilai bagi audiens kita.

Ingin tahu teknis cara membuat website pribadi?

Saya sudah membuat empat langkah singkat pada pembahasan membuat website. Lihatlah panduan Langkah 1: Persiapan – Tahapan Membuat Website.

Siap untuk terjun dan mulai membuat blog pribadi? Bingung? Ingin lebih jelas? Mari ngobrol sambil ngopi.

Salam,
Dedi Purnomo

Ciri-Ciri dan Contoh Nama Domain Yang Bagus

Berikut ciri-ciri dan contoh nama domain yang bagus.

Ciri-ciri nama domain yang bagus

1. Kreatif dan bermerek

Ingat: Nama domain kita adalah bagaimana pengunjung akan menemukan, mengingat, dan membagikan website kita. Ini adalah dasar dari merek kita.

Apa perbedaan utama antara nama domain yang bermerek unik dengan domain yang umum?

Nama domain bermerek memiliki ciri unik dan menonjol dari kompetisi, sementara nama domain generik biasanya diisi dengan kata kunci dan tidak mudah diingat.

Berikut cara menemukan nama domain yang lebih bermerek:

  • Buat kata-kata baru. Kita dapat membuat kata-kata baru kita sendiri yang menarik. Itulah yang dilakukan Google, Bing, dan Yahoo. Semua istilah ini belum pernah ada sebelumnya bukan?
  • Gunakan kata-kata yang ada. Kita dapat menggunakan tesaurus (buku sinonim) untuk menemukan kata-kata menarik yang sesuai dengan merek kita.
  • Gunakan generator nama domain. Alat-alat ini dapat membantu kita membuat nama domain unik sehingga kita mendapatkan merek dari ide dan kata kunci domain awal kita.

2. Tetap Ringkas

Lebih ringkas, lebih mudah diingat. Setuju ya?

Menurut penelitian dari DataGenetics.com, panjang nama yang paling umum adalah sekitar 12 karakter.

Domain name lenght distribution. Sumber: DataGenetics.com

Semua data ini menunjukkan bahwa kita harus menjaga nama domain kita tetap ringkas. Bidik 6-14 karakter -dan ingat: semakin pendek, semakin baik.

Kemungkinan besar nama domain yang pendek sudah dibeli dalam waktu yang lama dan dijual kembali dengan harga yang mahal. Jika kita tidak dapat menemukan sesuatu yang pendek, kita harus membuat merek yang unik. Munculkan kata yang sebelumnya belum pernah terdengar.

Situs saya sendiri – dedipurnomo.com persis 11 karakter.

3. Mudah Diketik

Pikirkan beberapa situs web paling populer di dunia. Apa yang terlintas dalam pikiran kita?

Google, Facebook, Twitter, Instagram, Yahoo, CNN, detik, liputan6, rumaysho ..

Satu hal besar yang mereka miliki bersama adalah bahwa mereka semua mudah dieja.

Calon pengunjung kita harus bisa mengetikkan nama domain kita tanpa masalah. Jika kita harus menjelaskan ejaan lebih dari sekali agar bisa dipahami, itu terlalu rumit!

Hal terakhir yang tidak diinginkan oleh semua pemilik website adalah bahwa pengunjung potensial salah ketik domain kita dan berakhir di situs web yang berbeda!

4. Mudah Diucapkan

Semudah nama domain kita untuk diketik, semudah itu juga seharusnya domain kita diucapkan.

Mudahnya domain untuk diucapkan akan memudahkan pengunjung dalam membagikan nama domain kita dari mulut ke mulut dan memudahkan kita untuk membagikan situs kita kepada teman dan pelanggan potensial ketika kita berbincang-bincang dengan mereka.

Kita dapat menguji ini dengan cara menuliskan nama domain kita di selembar kertas dan minta 10 orang untuk mengucapkannya. Jika lebih dari beberapa orang kesulitan mengucapkannya, kita harus menyederhanakannya.

Inilah yang perlu diingat: Kita ingin nama domain kita mudah kita ucapkan. Satu-satunya cara agar hal itu dimungkinkan adalah jika 1) mudah dibaca/ditulis dan 2) mudah diucapkan.

5. Hindari tanda hubung dan Angka

Ingat bagaimana nama domain kita harus mudah dieja dan diucapkan?Nah, tanda hubung dan angka membuatnya lebih sulit.

Bayangkan jika nama domain Facebook ada tanda hubungnya…

Jadi kita mesti ngomong gini, “Eh bro.. kamu pernah lihat itus baru Face-Book? Situnya ada tanda hubungnya. Face, strip lalu book.”

Facebook mungkin tidak menjadi seterkenal sekarang jika itu yang terjadi.

Garis bawahi ini! Nama domain kita harus halus dan kuat – tanda hubung dan angka menghalangi hal itu.

6. Pertimbangkan Menggunakan Kata Kunci

Kata kunci dapat membantu meningkatkan SEO website kita -kita perlu melangkah hati-hati di sini!- Jika kita mencoba memasukkan kata-kata kunci dengan canggung ke dalam domain kita, itu akan dianggap umum (seperti yang kita bahas sebelumnya).

Jika kita memilih untuk menggunakan kata kunci, letakkan kata kunci di awal domain kita. Di situlah mereka akan menjadi yang paling kuat untuk peringkat kita.

Anda dapat menemukan kata kunci dengan alat-alat seperti Google Keyword Planner dan Keywordtool.io.

Baca: Cara Mencari Keyword Yang Tepat Dengan Google Keyword Planner

7. Pikirkan Jangka Panjang

Longterm thinking apa yang perlu dipersiapkan? Kita haurs memikirkan ini karena domain kita akan menjadi salah satu elemen terbesar yang mendefinisikan merek kita sendiri selama bertahun-tahun.

Jika kita memutuskan untuk mengubah domain di masa mendatang, kita akan dikenakan biaya uang, peringkat, dan peringkat SEO. Kita harus memulainya dari nol. Ini sangat menyediahkan!

Saat kita memilih domain kita, pertimbangkan rencana jangka panjang.

Misalnya, jika perusahaan kita bergerak dibidang optimasi situs web dengan SEO, kita dapat memilih nama domain seperti, “LaskarSEO.com

Jika kita berpikir  untuk memperluas ke layanan pemasaran digital yang lebih umum di masa depan, seperti pemasaran email, PPC, dll. Maka akan lebih bijaksana untuk mempertimbangkan kembali nama domain “LaskarSEO.com“.

Karena itu, ingatlah visi jangka panjang saat memilih nama domain.

8. Periksa Ketersediaan Link Media Sosial dan Merek Dagang

Sebelum kita melanjutkan dengan nama domain tertentu, periksa untuk melihat apakah nama itu tersedia di situs media sosial, serta apakah ada merek dagang yang sudah terdaftar untuk nama tersebut?

Untuk membangun merek kita, sangat ideal untuk memiliki nama yang sama di seluruh domain dan jejaring sosial. Ini akan membangun keakraban dan memudahkan pengunjung, penggemar, dan pelanggan mengingat dan menemukan bisnis kita.

Hindari masalah hukum, kita harus menjauh dari nama-nama yang sudah memiliki merek dagang.

Bagaimana kita dapat dengan cepat memeriksa jaringan sosial dan merek dagang untuk nama domain potensial usaha?

Sangat mudah!

Hanya dengan mengunjungi situs namechk.com kita sudah bisa melihat ketersediaan domain.

Caranya adalah cari nama domain potensial kita – ini akan menunjukkan kepada kita apakah itu tersedia di lebih dari 25 jejaring sosial populer.

Usahakan pilih yang masih tersedia di semua jejaring sosial.

Misalnya:

domain: www.dedipurnomo.com
url facebook: www.facebook.com/dedipurnomocom
url instagram: www.facebook.com/dedipurnomocom
url twitter: www.facebook.com/dedipurnomocom

Usahakan sama..

9. Gunakan Ekstensi Nama Domain yang Tepat

Satu hal yang sepertinya banyak disepakati orang tentang TLDs (Top Level Domain). Bahwa “.com” masih yang terbaik.

Mengapa?

Karena domain “.com” adalah yang paling akrab dan paling mudah diingat.

Meskipun ada banyak situs web yang sukses dengan “.net” dan “.org”, situs web kita mungkin akan lebih baik jika memiliki ekstensi “.com”.

Saran saya: Pergi dengan .com. Jika itu sudah dipakai orang lain, coba dengan .net atau .org. Jika ini sudah diambil juga, kita sebaiknya memikirkan ulang nama domain baru.

Hindari ekstensi aneh seperti “.club”, “.space”, “.pizza” dan sebagainya.

10. Pertimbangkan Rasa Percaya Diri

Setiap hari, setiap saat, setiap waktu, kita bisa memperkenalkan nama domain kita kepada orang-orang yang kita temui.

Bayangkan kalau nama domain itu kita cetak di baju atau di topi, atau di tas dan tempat yang lainnya. Kita percaya diri atau tidak ketika menggunakan pakaian itu?

Kalau percaya diri, maka gunakan itu. Itu intinya.

Kiat Tambahan Artikel Ciri-Ciri dan Contoh Nama Domain Yang Bagus:

  • Jika kita memulai blog, podcast, atau situs web pribadi kita, mungkin yang terbaik adalah menggunakan nama kita sendiri!Ini membantu kita menjadi lebih dikenal. Ini pernah saya bahas pada artikel https://www.dedipurnomo.com/website-eksis-dengan-cara-berbeda/
  • Sekarang, kalau nama kita agak panjang, sulit dieja/ diucapkan, atau domain sudah diambil, pertimbangkan untuk menggunakan nama panggilan atau bahkan kombinasi nama depan dan nama tengah.

Kesimpulan:

Nama domain akan berdampak signifikan pada keberhasilan dan potensi situs web kita. Pastikan Anda mempertimbangkan dengan cermat untuk memilih domain – gunakan 10 tips ini untuk membantu memilih domain terbaik.

Salam,
Dedi Purnomo

Contoh Tampilan Web Yang Menarik

Contoh tampilan web yang menarik ini saya ambilkan dari satu website yang pernah saya buat. Selain menarik, trafic atau pengunjung website ini juga ramai.

Banyak faktor yang mendukung sehingga pengunjung website ini bisa banyak. Diantaranya yaitu: Read More

Keungtungan Membuat Blog

Saat kita menulis di Facebook dan menerima komentar maka kita adalah seorang blogger. Tapi bukan itu, disini saya akan memaparkan Keungtungan Membuat Blog seperti blog saya ini, dedipurnomo.com.

Aktifitas blogging, memiliki banyak manfaat sampingan yang tidak diketahui oleh banyak orang. Inilah yang saya temukan dan rasakan sebagai manfaat bonus ketika saya menulis dan berbagi melalui blog. Read More

Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

Cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula ini saya persembahkan untuk teman-teman yang membutuhkan website dari berbagai penjuru Indonesia negara kita tercinta. Karena website yang akan kita gunakan nantinya adalah milik pemerintah Indonesia yaitu www.my.id, maka kita membutuhkan dokumen-dokumen resmi seperti NIK, No KK(opsional), Nomor ponsel dan Email. GRATISS !! Website Anda nanti bernama: www.NamaAnda.my.id. Seperti milik saya adalah www.pur.my.id.

Namun sebelum kita lanjutkan, ada baiknya kita membaca terlebih dahulu syarat dan ketentuan ketika menggunakan layanan gratis ini. Syarat dan ketentuan ini saya copy dari website resminya. Diantara peraturannya adalah yang saya beri warna hijau ini. Kalau bingung ngga usah dibaca juga gpp 😀


Situs web ini tidak ditujukan untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun, dan layanan di MY.ID hanya ditawarkan pada pengguna berusia 13 tahun ke atas. Seseorang yang berusia di bawah 13 tahun, tidak diperbolehkan untuk mendaftar dan menggunakan Situs Web ini. Siapa pun yang mendaftar sebagai Bloger MY.ID atau memberikan informasi pribadi mereka kepada MY.ID, menegaskan bahwa mereka berusia 13 tahun atau lebih tua.

Saat Menayangkan Tulisan di MY.ID, Bloger MY.ID dilarang:

    1. Menayangkan dua tulisan atau lebih sekaligus. Jarak waktu tayang yang dibolehkan antara satu Tulisan dengan Tulisan berikutnya adalah minimal satu jam.
    2. Menjiplak atau menyontek atau menyalin-tempel (copypaste) sebagian atau seluruh konten milik orang atau pihak lain tanpa maksud menciptakan konten baru yang dapat dianggap sebagai artikel karyanya sendiri. Bloger MY.ID dapat membagikan Konten milik Bloger MY.ID lainnya ke situs MY.ID miliknya dan menambahkan Konten tersendiri ke dalam Konten tersebut (alias melakukan reblog Konten), selama hal tersebut dilakukan terhadap sebagian Indeks Konten seorang Bloger MY.ID dan disertai pemberian kredit kepadanya sebagai Penulis asli dengan cara menautkan balik ke situs blog MY.ID Penulis (fungsi reblogging di MY.ID melakukannya secara otomatis).
    3. Melakukan aksi plagiarisme dalam bentuk dan untuk alasan apapun, termasuk menggunakan dan/atau mengutip sebagian atau seluruh karya tulis, gagasan, opini milik orang lain serta hal-hal lain yang serupa, seolah-olah itu miliknya, tanpa dengan jelas dan tegas menyebutkan sumber data dan informasinya secara tepat dan memadai.
    4. Menayangkan potongan atau cuplikan Konten dengan maksud mengarahkan pengunjung ke sumber asli Konten di luar MY.ID.
    5. Memuat dan atau menayangkan konten berisi iklan, promosi, atau sejenisnya yang secara langsung atau tidak langsung atau dalam bentuk tautan (link) berisi ajakan untuk membeli produk barang atau jasa yang dimaksud dalam tulisan.

Bloger MY.ID dilarang mengirim komentar berupa atau dimaksudkan sebagai Pesan Berantai (spamming), dengan atau tanpa disertai tautan tertentu.

Terhadap Konten yang telah ditayangkan di MY.ID, Bloger MY.ID tidak dibenarkan untuk:

    1. Mengubah substansi dan atau isi Konten.
    2. Mengubah waktu tayang Konten.
    3. Melakukan manipulasi dengan cara apapun terhadap fitur atribut yang terdapat pada Konten, termasuk jumlah Pembaca, jumlah Peringkat (rating) dan jumlah Komentar.

Nah.. Bagaimana syarat dan ketentuannya?

Kalau menurut saya pribadi sih ngga masalah ya kalau untuk pemula. Cuma permasalahannya adalah ketika blog atau website ini akan digunakan untuk bisnis. Pada poin E ada peraturan bahwa kita tidak boleh menayangkan konten berisi iklan, promosi atau sejenisnya. Hmmmm…

Tapi sesuai judulnya, kita akan tetap melanjutkan tutorial ini karena tentu kita patut berbangga menggunakan platform gratis yang disediakan oleh pemerintah. Ini menunjukkan perhatian pemerintah untuk membuat masyarakat sadar akan pentingnya internet ini semakin baik.

Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

  1. Anda dapat membuat blog dan masuk ke panel administrator my.id menggunakan akun u.id.
  2. Jika belum memiliki akun u.id dapat mendaftar di sini.
  3. Jika sudah memiliki akun u.id dapat langsung melakukan pendaftaran my.id melalui menu Masuk/Buat Blog.
  4. Anda akan diminta mengisi judul blog dan domain yang diinginkan.
  5. Jika domain tersedia, blog Anda berhasil dibuat dan akan aktif dalam waktu 15 sampai 30 menit menunggu masa propagasi domain.
  6. Setelah blog aktif, anda dapat masuk ke panel administrator my.id melalui menu Masuk/Buat Blog.
  7. Selesai

Sangat mudah bukan? Selain mudah, membuat website di platform my.id ini juga gratis. Tapi ya itu kan, namanya gratis pasti tidak seperti kita menginvestasikan uang kita untuk membuat blog.

Jika sendainya saja kita mau untuk menginvestasikan uang kita untuk membangun sebuah blog atau website dimana website ini nantinya juga akan kita gunakan sebagai sarana memperkenalkan dan menyebarluaskan produk atau jasa kita, kenapa tidak?

Dengan website yang berbayar, Anda akan mendapatkan banyak fasilitas yang tidak didapatkan ketika menggunakan website gratis. Lihat fitur-fitur website yang akan Anda dapatkan jika menginvestasikan uang untuk membuat website ini. Jika Anda adalah seorang pemula yang belum bisa membuat website, saya menawarkan kepada Anda Kursus Online Membuat Website ataupun jasa pembuatan website dengan deskripsi seperti di bawah ini:

[/sociallocker]

Penutupan Artikel Cara Membuat Website Gratis dan Mudah untuk Pemula

Semoga tulisan yang sedikit tentang “cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula” ini bermanfaat untuk Anda dan dapat memberikan mindset baru untuk Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan tentang pembuatan website dan perencanaan strategi penjualan Anda, dengan senang hati saya siap membantu mewujudkannya. Mari bergabung bersama saya di Group Kerja Online Indonesia.

Salam,
Dedi Purnomo

Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Website

Tujuan akhir dari kebanyakan orang yang membangun situs web adalah untuk mendapatkan pengunjung website dan akhirnya mendapatkan penghasilan dari websitenya. Dan untuk melakukan ini, kita semua harus menyadari bahwa pengunjung tidak akan datang secara alami, orang tidak akan tahu website kita sampai jika kita memberitahukan atau berusaha keras agar website kita ditemukan oleh pengunjung.

Itulah sebabnya, setelah situs web dibuat, kita harus memeliharanya dan mempromosikannya. Jadi, apa yang harus kita lakukan? Cekidot!

Iklan berbayar

Opsi pertama kita adalah mengejar iklan berbayar, seperti melalui Google AdWords, platform iklan bayar per klik (PPC) yang menagih kita berdasarkan klik tayang. Ini merupakan metode yang baik untuk website baru yang belum banyak artikelnya, selama kita memiliki anggaran, kita akan mendapatkan banyak pengunjung sesuai dengan uang yang kita bayarkan. 

Masalahnya adalah, sebagian besar dari kita tidak memiliki uang untuk dibelanjakan pada metode ini, oleh karena itu kita lanjutkan dengan opsi selanjutnya. 

Optimisasi Mesin Pencari

Kita juga dapat memaksimalkan search engine optimization (SEO), strategi yang dirancang untuk membantu meningkatkan peringkat situs web kita lebih tinggi dalam pencarian yang relevan di Google (dan mesin pencari lainnya). Sebagian besar pembuat situs web gratis dan murah menawarkan template yang secara struktural bagus untuk SEO, dengan coding yang bersih serta infrastruktur yang mudah diindex oleh mesin pencari. Namun, di luar itu, kita harus membuat artikel asli secara istiqomah dan membuat lebih banyak membuat link yang banyak menarik kepada situs kita (untuk meningkatkan otoritas domain kita dan akhirnya memberi peringkat lebih tinggi untuk kueri yang relevan).

Blogging

Blogging adalah strategi bagus lainnya, blogging secara teratur adalah kebutuhan praktis untuk setiap kampanye SEO, karena menciptakan lebih banyak halaman yang dapat diindex oleh mesin pencari, menambah otoritas kita dan memungkinkan kita untuk mengoptimalkan kata kunci yang lebih spesifik. Dengan ini, kita akan lebih mungkin untuk mempertahankan pengunjung dan memperkenalkan mereka ke bagian lain dari situs kita.

Media sosial

Keuntungan terbesar dari media sosial adalah kemampuannya untuk terhubung dengan ratusan juta orang, dan fakta bahwa itu gratis untuk digunakan. Sering-sering share artikel ke sosial media ya. hehee

 

 

Kesimpulan Artikel “Yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Website”

Bahwa harapan dan cita-cita kita setelah mebuat website untuk ditemukan pengunjung atau calon pembeli bukanlah hal yang mudah dengan hanya membuat sebuah website. Kita harus benar-benar membangun website itu dengan penuh kerja keras. Namun perlu diingat agar hal ini jangan dijadikan beban. Enjoy aja. Hehee

Mengapa Harus Membuat Website?

Banyak orang yang bertanya Mengapa Harus Membuat Website? apalagi bagi orang yang sudah mampu menjual produk melalui media sosial. Kebanyakan dari mereka akan berfikir bahwa mereka tidak lagi membutuhkan website.

Baiklah, untuk menjawab pertanyaan ini, maka kita harus menjawab beberapa pertanyaan di bawah ini dengan jujur.

Mengapa banyak orang mengunjungi situs mesin pencari seperti Google?

Percaya atau tidak, pengguna mengunjungi mesin pencari bukan untuk satu-satunya tujuan membeli barang-barang yang kita jual. Banyak dari mereka dan bahkan kita ingin mencari informasi. Banyak uang dibuang untuk iklan hanya hanya untuk mendorong suatu produk, tetapi tidak menawarkan informasi.

Fakta ini memberitahu kita tentang apa yang harus ditawarkan oleh blog, bukan? Pertama, ia harus menawarkan informasi relevan yang orang ingin konsumsi. Dan kedua, harus membuka jalan untuk menemukan informasi itu tanpa iklan menjengkelkan menghalangi jalannya.

Berikan informasi ini secara gratis!

Bagikan apa yang kita pelajari, dan bagikan secara teratur sehingga para pembaca blog tahu kapan dan di mana mereka menemukan informasi yang mereka inginkan. Sabar, lakukan hal ini dalam waktu yang lama, dan kita akan mengembangkan pembaca potensial yang mengetahui produk atau layanan kita. Bahkan jika mereka belum siap untuk membeli sekarang, merek kita akan menjadi kuat di benak mereka, dan mereka mungkin membagikan situs kita kepada orang lain yang siap untuk membeli sekarang.

Mesin pencari sedang menilai web kita

Ada banyak informasi di Internet. Kita harus ikut andil didalamnya dengan ikut aktif dalam mengisi konten atau informasi yang bermanfaat. Tak lama setelah kita menulis artikel, robot mesin pencari (atau hanya bot untuk pendek) akan memasukkan konten tertulis kita melalui algoritme mereka. Blog kita menerima nilai yang lebih tinggi jika kita menggunakan tata bahasa dan ejaan yang tepat, dan jika pengunjung situs web suka, berbagi, atau berkomentar tentang artikel kita.

Mesin pencari juga mencari kata kunci penting yang dicari para pencari. Bergantung pada seberapa banyak dari kata-kata yang dimiliki situs web kita, itu akan meningkatkan relevansi web kita. Jadi sebelum kita memulai sebuah blog, kita harus mengetahui apa yang dicari oleh calon pembaca blog atau website kita dengan Cara mencari keyword yang tepat dengan google keyword planner.

Informasi yang kita berikan hendaknya asli, faktual, unik, berkualitas tinggi, menarik, relevan dengan apa yang diinginkan pembaca. Saran terbaik saya adalah, fokus pada penawaran informasi yang relevan yang ditulis dengan baik dan menarik.

Mengapa Harus Membuat Website?

Karena menulis di website tidak semudah yang kita bayangkan, dan mesin pencari mengawasi upaya kita. Situs web kita lebih cenderung muncul di halaman hasil mesin pencari jika kita memiliki blog daripada jika kita tidak memiliki blog. Dan hasil itu penting sekarang karena semakin banyak orang yang beralih ke Internet untuk mendapatkan informasi dan melakukan pembelian.

Jika kita berada di halaman satu mesin pencarian, kita seperti mendapatkan 95% pengguna web di luar sana.

Seberapa sering kita harus berbagi informasi di website?

Menulis di website atau blog yang sering disebut (blogging) seperti olahraga, dan latihan terbaik adalah yang benar-benar kita lakukan. Saran saya adalah menulis dan berbagilah saat kita bisa dan kapan kita mau. membuat website

Jangan memaksakan diri untuk menulis, mulailah di suatu tempat. Sebulan sekali lebih baik daripada tidak melakukannya sama sekali. Pekanan lebih baik daripada bulanan, dan setiap hari lebih baik daripada mingguan. Lakukan saja apa yang bisa kita lakukan. membuat website

Apa yang harus kita tulis?

Setelah kita membuat website atau blog kita, maka tulis tentang bisnis kita. Tulis tentang pelanggan kita. Tulis tentang produk kita. Tulis tentang keberhasilan, kegagalan, dan pelajaran kita. Dan, jika kita berani, tulis beberapa cerita menarik yang berkaitan dengan bagaimana kita memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha.

Kisah pribadi tentang kesuksesan bisnis kita dan bagaimana kita melakukannya, membantu merek kita menjadi semakin kuat. Itu penting.

Seperti yang saya katakan, orang-orang pergi ke Internet untuk mencari informasi. Beberapa dari informasi itu adalah testimoni atau ulasan pelanggan tentang produk mana yang terbaik. Jika kita memiliki hubungan dengan pelanggan kita melalui blog, kita dapat memanfaatkan kekuatan testimoni atau komentar positif. Dan kita harus melakukannya! membuat website

Berapa banyak artikel website yang harus kita miliki?

Kualitas artikel kita sangat penting. Tetapi ukuran juga penting. Dalam dunia yang sempurna, kita ingin blog kita lebih sering dikunjungi dari pada pesaing kita, dan kita ingin memiliki lebih banyak artikel di blog kita daripada yang dimiliki pesaing kita. Dengan cara ini, mesin pencari akan melihat bahwa situs web kita lebih aktif dan kuat dari pada situs pesaing kita. Plus, lebih banyak artikel blog berarti ada lebih banyak peluang bagi situs web kita untuk ditemukan ketika orang-orang menjalankan penelusuran Internet. membuat website

Pikirkanlah dengan cara ini, setiap kali kita menambahkan artikel ke blog kita, kita menambahkan lebih banyak kesempatan untuk ditemukan dan memberikan manfaat untuk pengunjung web. Yang terbaik dari semuanya bahwa artikel blog atau website yang kita tulis sekarang akan tetap menarik calon pelanggan.

Kesimpulan Mengapa Harus Membuat Website?

Kita tidak boleh memulai membuat website atau blog hanya untuk “mencoba” menghasilkan penjualan. Ini adalah tempat di mana kita menemukan pelanggan kita, memberi mereka informasi dan pada akhirnya keberadaan kita beserta produk yang kita sediakan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada mereka.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Jika ada hal-hal yang ingin didiskusikan silahkan hubungi saya melalui WhatsApp 0852 1516 9179.

Mari berdiskusi lebih lanjut tentang hal ini, bergabung dengan saya di group facebook Kerja Online Indonesia.

Mengapa Harus Membuat Website?

Mengapa Harus Membuat Website?

Cara Membuat Blog Gratis Seperti PUR.MY.ID

Apa Itu MY.ID?

MY.ID adalah sebuah produk media sosial berplatform blog yang menampung konten yang dapat diunggah oleh setiap orang yang sudah terdaftar sebagai Bloger MY.ID.

MY.ID adalah produk PANDI yang memberikan layanan hosting situs web dan blog gratis. Untuk membeli yang premium dan berkualitas klik dedipurnomo.com/hosting.

Syarat MY.ID

Konteks larangan-larangan dalam lalu-lintas informasi di situs web MY.ID secara umum tunduk di bawah peraturan perundangan-undangan Republik Indonesia, khususnya yang dimuat dalam UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik jo. UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Kunjungi UU ITE di https://pandi.id/aturan/undang-undang/.

Jika anda menemukan Akun MY.ID yang melanggar Syarat & Ketentuan ini, laporkan dengan cara mengunjungi halaman abuse PANDI.

Situs web ini tidak ditujukan untuk anak-anak di bawah usia 13 tahun, dan layanan di MY.ID hanya ditawarkan pada pengguna berusia 13 tahun ke atas. Seseorang yang berusia di bawah 13 tahun, tidak diperbolehkan untuk mendaftar dan menggunakan Situs Web ini. Siapa pun yang mendaftar sebagai Bloger MY.ID atau memberikan informasi pribadi mereka kepada MY.ID, menegaskan bahwa mereka berusia 13 tahun atau lebih tua.

Saat Menayangkan Tulisan di MY.ID, Bloger MY.ID dilarang:

    1. Menayangkan dua tulisan atau lebih sekaligus. Jarak waktu tayang yang dibolehkan antara satu Tulisan dengan Tulisan berikutnya adalah minimal satu jam.
    2. Menjiplak atau menyontek atau menyalin-tempel (copypaste) sebagian atau seluruh konten milik orang atau pihak lain tanpa maksud menciptakan konten baru yang dapat dianggap sebagai artikel karyanya sendiri. Bloger MY.ID dapat membagikan Konten milik Bloger MY.ID lainnya ke situs MY.ID miliknya dan menambahkan Konten tersendiri ke dalam Konten tersebut (alias melakukan reblog Konten), selama hal tersebut dilakukan terhadap sebagian Indeks Konten seorang Bloger MY.ID dan disertai pemberian kredit kepadanya sebagai Penulis asli dengan cara menautkan balik ke situs blog MY.ID Penulis (fungsi reblogging di MY.ID melakukannya secara otomatis).
    3. Melakukan aksi plagiarisme dalam bentuk dan untuk alasan apapun, termasuk menggunakan dan/atau mengutip sebagian atau seluruh karya tulis, gagasan, opini milik orang lain serta hal-hal lain yang serupa, seolah-olah itu miliknya, tanpa dengan jelas dan tegas menyebutkan sumber data dan informasinya secara tepat dan memadai.
    4. Menayangkan potongan atau cuplikan Konten dengan maksud mengarahkan pengunjung ke sumber asli Konten di luar MY.ID.
    5. Memuat dan atau menayangkan konten berisi iklan, promosi, atau sejenisnya yang secara langsung atau tidak langsung atau dalam bentuk tautan (link) berisi ajakan untuk membeli produk barang atau jasa yang dimaksud dalam tulisan.

Bloger MY.ID dilarang mengirim komentar berupa atau dimaksudkan sebagai Pesan Berantai (spamming), dengan atau tanpa disertai tautan tertentu.

Terhadap Konten yang telah ditayangkan di MY.ID, Bloger MY.ID tidak dibenarkan untuk:

    1. Mengubah substansi dan atau isi Konten.
    2. Mengubah waktu tayang Konten.
    3. Melakukan manipulasi dengan cara apapun terhadap fitur atribut yang terdapat pada Konten, termasuk jumlah Pembaca, jumlah Peringkat (rating) dan jumlah Komentar.

Terhadap Konten yang telah ditempatkan ke dalam sistem MY.ID, Bloger MY.ID mengizinkan Admin untuk:

  1. Menghapus isi konten, pesan, foto, gambar, dan/atau komentar yang melanggar Syarat dan Ketentuan dengan atau tanpa pemberitahuan kepada yang bersangkutan.
  2. Menempatkan Foto sebagai ilustrasi atau pelengkap tulisan untuk keperluan penayangan Headline. Admin menjamin foto yang ditempatkan tidak bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan.

Mengoreksi kekeliruan kode-kode HTML, termasuk mengoreksi penggunaan jenis huruf dan ukurannya, yang dapat mengganggu tampilan Konten maupun situs web MY.ID secara keseluruhan.

Cara Membuat Blog di MY.ID

  1. Anda dapat membuat blog dan masuk ke panel administrator my.id menggunakan akun u.id.
  2. Jika belum memiliki akun u.id dapat mendaftar di sini.
  3. Jika sudah memiliki akun u.id dapat langsung melakukan pendaftaran my.id melalui menu Masuk/Buat Blog.
  4. Anda akan diminta mengisi judul blog dan domain yang diinginkan.
  5. Jika domain tersedia, blog Anda berhasil dibuat dan akan aktif dalam waktu 15 sampai 30 menit menunggu masa propagasi domain.
  6. Setelah blog aktif, anda dapat masuk ke panel administrator my.id melalui menu Masuk/Buat Blog.
  7. Selamat menulis!

 

Pertanyaan Teman: Bagaimana mendapatkan uang dari website?

Ada temen nanya, “Bagaimana mendapatkan uang dari website? Jadi sebenarnya uangnya itu datang dari mana? seseorang membuat website kemudian menulis, menulis, menulis, lalu uangnya datang dari mana? Apakah tulisan kita dibayar oleh pengunjung? atau pengunjung website itu bayar untuk membaca tulisan kita, apa seperti apa?” kurang lebih begitulah pertanyaannya.


Baik, karena banyak diantara teman-teman yang mungkin masih bingung bagaimana website kita menghasilkan uang, maka akan saya jabarkan di sini tentang apa yang telah ditanyakan tersebut.

Begini teman, saya akan analogikan bahwa website ini adalah sebuah tempat yang tadinya sepi. Kemudian dengan segala potensi yang ada, saya bangun kemudian menjadi ramai  pengunjung. Lalu saya buatkan taman bermain lengkap dengan warna-warna yang indah. Tak lupa saya bangun akses yang mudah sehingga banyak sekali pengunjung yang datang ke sana. Ditambah lagi dengan penjual yang berkumpul di sana sehingga memudahkan para pengunjung untuk sekadar ngobrol dan menikmati suasana yang ada atau bisa juga datang untuk bertemu dengan rekan bisnis.

Bayangkan ketika tempat itu sudah ramai, bagaimana kita bisa mendapatkan uang dari tempat yang sudah ramai itu? Ada yang bisa memberitahukan kepada saya? Kalau seandainya ada orang yang memiliki sebuah produk kemudian saya tawarkan untuk memasang iklan di tempat ramai ini, kemudian membayar sejumlah uang sekian dan sekian. Maukah orang yang punya produk tadi membayar dengan imbalan dia boleh memasang iklan di tempat ramai yang kita bangun tadi? Dapat uang kah kita? Pasti semua akan setuju kalau kita akan mendapatkan uang dari sana.

Atau cara lain yang bisa kita gunakan agar kita mendapatkan uang dari tempat yang ramai itu adalah dengan memberlakukan tiket masuk. Apakah ini bisa mendatangkan uang? Pasti bisa. Setiap orang yang akan masuk ke wahana atau tempat yang sudah ramai tadi mereka membayar sejumlah uang yang digunakan sebagai pembelian tiket masuk. Dapat uang tidak kita? Jawabannya tentu dapat.

Atau cara yang lain kita sendiri yang membuka toko di wahana yang sudah ramai itu. Misal tempat yang kita bangun adalah kolam renang untuk umum, apa yang sebaiknya kita jual untuk wahana seperti itu? Peralatan renang itulah yang paling tepat. Tidak tepat kalau kita menjual peralatan lari sedangkan di sana adalah wahana yang digunakan untuk berenang. Setuju ya?

Bagaimana Mendapatkan Uang dari Website?

Nah sekarang kita masuk pada masalah website. Bagaimana tulisan kita menghasilkan uang? Tentu tulisan kita tidak akan langsung menghasilkan uang begitu saja. Tulisan kita itu hanya kita gunakan untuk memancing orang lain masuk dan mengunjungi website kita. Semakin banyak tulisan yang berkualitas maka pengunjungnya otomatis akan semakin banyak. Ketika pengunjung sudah semakin banyak, ini kembali kepada kita sendiri. Seperti halnya kolam renang atau wahana yang kita bangun menjadi ramai pengunjung tadi.

Ketika tulisan kita banyak berbicara tentang kesehatan maka kita bisa mendapatkan uang dengan membuka kesempatan bagi para penjual alat-alat kesehatan untuk beriklan di website kita. Atau kita sendiri yang menjual alat-alat kesehatan tersebut kepada para pengunjung website kita. Atau bahkan kita bisa membuat artikel premium. Dengan memberlakukan setiap pengunjung yang ingin membaca tulisan kita harus mentransfer sejumlah uang yang kita tentukan agar mereka bisa menikmati tulisan kita. Apakah hal ini bisa? Tentu bisa kalau memang kita adalah orang-orang yang terpandang atau public figure yang dikenal oleh masyarakat sebagai orang yang mampu menulis dengan baik dan benar.

Demikian penjelasan dan analogi yang saya paparkan tentang bagaimana mendapatkan uang dari website, semoga membatu teman-teman untuk memahami tentang bagaimana menghasilkan uang dari blog atau website.

Mari bergabung dalam group Kerja Online Indonesia.agar kita dapat terus berdiskusi dan berbagi hal-hal yang bermanfaat terkait dengan blog dan website. Dan jangan lupa bantu saya agar lebih semangat dalam menulis dan berbagi melalui blog ini dengan cara membagikan konten ini ke media sosial yang teman-teman miliki.

Salam Blogger Indonesia.