dalam Blogging

Cara Membuat Blog Pribadi

Tulisan cara membuat blog pribadi ini adalah cara yang saya lakukan ketika membuat blog dedipurnomo.com. Sebenarnya cara ini tidak terbatas hanya untuk blog pribari, akan tetapi juga bisa digunakan untuk membuat web bisnis.

Lalu apa yang perlu kita lakukan untuk memulai membuat blog pribadi?

Langkah demi langkah Cara Membuat Blog Pribadi

Berikut adalah proses langkah demi langkah Cara Membuat Blog Pribadi:

1. Tentukan platform blogging.

Ini adalah keputusan penting. Memilih platform yang salah mungkin tidak membuat atau merugikan kita, tetapi itu bisa membuat segalanya lebih sulit daripada yang seharusnya.

Ada banyak situs blog yang berbeda yang dapat kita gunakan, tetapi platform yang paling fleksibel dan mudah digunakan di luar sana adalah WordPress.

Ada dua jenis situs WordPress dan penting bagi kita untuk memilih yang benar. Ada WordPress.com, yang memungkinkan kita mengatur dalam beberapa menit, ini adalah sebuah blog dan domainnya (ex: haidedi.wordpress.com ). Kalau hanya untuk menampilkan tulisan dan gambar, kita bisa menggunakan wordpress.com.

Tapi untuk jangka panjang, saya merekomendasikan untuk menggunakan WordPress.org untuk membuat blog kita sendiri yang di-host. Situs ini mudah digunakan, meskipun mungkin memerlukan sedikit bantuan dengan pengaturan awal.

Kedua versi ini gratis. Hanya hosting dan registrasi domain yang akan membutuhkan biaya sedikit.

Step by step untuk membuatnya sudah saya jelaskan pada tutorial membuat website.

Selain wordpress.org, platform lain yang sepenuhnya gratis dan memberi kita kemampuan untuk mengatur blog kita dalam beberapa langkah; mereka termasuk Weebly , Joomla dan Drupal.

Namun, kita harus menyadari bahwa sebagian besar situs ini tidak akan berfungsi untuk blog bisnis dalam jangka panjang. Batasan dalam hal desain, fungsionalitas, dan SEO akan membuatnya sangat sulit nantinya untuk mengembangkan blog kita untuk mendukung bisnis yang sukses. Ini pendapat saya pribadi yang bisa jadi benar atau bisa jadi salah. Karena hal ini terkait pada platform yang biasa kita gunakan.

2. Pilih tema WordPress.

Salah satu fitur terbaik WordPress adalah memungkinkan kita untuk dengan mudah menyesuaikan tampilan dan nuansa blog kita, menggunakan tema.

Ada daftar besar tema gratis yang tersedia di Direktori Tema WordPress, atau coba periksa tema premium (berbayar) di situs seperti ThemeForest .

Saat memilih tema, perhatikan hal berikut:

  • Kecepatan
    Kecepatan website bisa dipengaruhi oleh desain dari website itu sendiri. Sesuaikan dengan kebutuhan ya.
  • Apakah responsif?
    Apakah ini ditampilkan dengan baik di berbagai perangkat, termasuk desktop, tablet, dan perangkat seluler?
  • Apakah ini memungkinkan tingkat penyesuaian (mis., Mengubah warna, menu navigasi, tombol, widget, dll.)?

3. Daftarkan nama domain.

Setelah kita memutuskan platform blogging mana yang akan kita gunakan, pilih nama domain. Ini akan menjadi URL yang digunakan untuk mengakses situs kita (mis: www.dedipurnomo.com ).

Harga domain dikenakan biaya sekitar Rp. 120rb per tahun; biasanya harga turun jika kita bersedia membayar lebih dari satu tahun di muka. Cobalah untuk memilih domain .com jika memungkinkan. Pastikan domain kita mudah diingat namun cukup spesifik untuk membedakan kita dari situs lain.

Di beberapa penyedia hosting, kita akan mendapatkan domain secara gratis ketika kita membeli paket hosting tertentu.

Baca: Ciri-Ciri dan Contoh Nama Domain Yang Bagus

4. Beli hosting web.

Meskipun situs WordPress kita gratis, kita masih harus membayar untuk meng-host blog kita, yang biayanya lebih dari sewa domain. Kita dapat membeli layanan hosting web melalui sejumlah perusahaan. Tapi untuk saat ini yang saya rekomendasikan adalah: klik di sini.

5. Buat rencana, dan dapatkan tulisan!

Ini adalah bagian yang menyenangkan, alasan kita memutuskan untuk mendapatkan blog pribadi sejak awal. Namun sebelum kita menyelam, penting untuk memikirkan tujuan dari blog kita.

Apa tujuan utama kita?

Apakah itu untuk mendapatkan arahan, membangun daftar email atau menjadi seorang ahli di bidang kita?

Kalau tujuan saya pribadi adalah selain ingin berbagi tentang dunia website, blogging, seo, saya juga ingin membangun jaringan. Saya memasarkan jasa pembuatan website.

Dan ini Alhamdulillah berhasil. Banyak orang yang yang masuk meminta jasa pembuatan website setelah membaca blog saya ini.

Kalau saya bisa, kamu juga insyaAllah bisa melakukannya.

Komitmen untuk blogging

Seberapa sering kita akan berkomitmen untuk blogging? Dua hingga tiga kali seminggu ideal, tetapi blogging sekali seminggu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Kalau saya pribadi, saya menyempatkan untuk setidaknya menerbitkan satu artikel dalam satu pekan untuk blog ini. Kalau pada blog lain yang saya kelola, saya menerbitkan setidaknya 3 artikel setiap hari.

Nuansa blog

Apa “nuansa” blog kita? Santai dan menyenangkan? Berwenang? Akademik? Atau yang lainnya?

Saya sendiri menggunakan bahasa yang santai dan tidak terlalu memperhatikan apakah tulisan saya sesuai dengan aturan bahasa indonesia yang baik dan benar atau tidak. Nulis aja..

Kontak pribadi

Bagaimana kita membuat pembaca kita mengambil tindakan saat berada di blog kita? Kotak penyertaan email? Tautan ke halaman penjualan? Atau menyediakan tombol WhatsApp seperti yang kita lihat di bagian halaman ini.

Mulai!!

Setelah kita memiliki rencana, silakan menulis. Fokus pada topik di mana kita memiliki wawasan unik untuk dibagikan, atau di mana kita benar-benar dapat menambah percakapan. Jangan hanya mengulangi apa yang orang lain katakan. Jadilah orisinal dan tulis tentang topik-topik yang bernilai bagi audiens kita.

Ingin tahu teknis cara membuat website pribadi?

Saya sudah membuat empat langkah singkat pada pembahasan membuat website. Lihatlah panduan Langkah 1: Persiapan – Tahapan Membuat Website.

Siap untuk terjun dan mulai membuat blog pribadi? Bingung? Ingin lebih jelas? Mari ngobrol sambil ngopi.

Salam,
Dedi Purnomo

Tulis komentar

Komentar