Menu Click to open Menus
Home » Wordpress » Cara Mengatur Ukuran Font Di WordPress

Cara Mengatur Ukuran Font Di WordPress

(228 Views) April 25, 2018 7:45 am | Published by | No comment

Kita akan membahas berbagai cara mengatur ukuran font di WordPress. Saat menulis posting, kita mungkin ingin tampilannya sedikit berbeda. Seperti posting kita mungkin memiliki judul yang akan tebal dan juga subjudul yang sedikit lebih kecil dari judul utama. Selain ini, kita mungkin ingin menulis beberapa kutipan dalam huruf miring dan beberapa baris mungkin tebal juga. Jadi, agar hasinya menjadi bagus, kita harus menyesuaikan font Anda saat menulis posting. Berikut ini dua cara yang bisa kita lakukan untuk mengubah gaya teks dan font tulisan di website WordPress.

Cara Pertama – Menggunakan Judul Paragraf

Saya selalu membuat ukuran font yang lebih besar untuk menarik perhatian pembaca. Khususnya untuk elemen heading. Saat menulis konten tulisan, kita dapat menggunakan ukuran judul yang berbeda. Dalam mode editor visual, kita dapat melihat semua item yang tersedia di bawah tab yang disebut “Paragraph” seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

mengatur ukuran huruf pada wordpress

Semua opsi untuk ukuran ini dikontrol oleh file stylesheet tema kita (style.css). Memilih ukuran yang tepat untuk heading dan sub-heading kita dari daftar drop-down di atas akan membuat pekerjaan kita selesai. Kita juga dapat membuatnya tebal, miring dari opsi lain yang tersedia di bar. Mengeklik opsi“Toggle toolbar” akan memberi kita lebih banyak opsi untuk bermain-main dengan font dan styling untuk membuat postingan Anda lebih menarik.

Cara Kedua Menggunakan Plugin

Untuk metode ini, kita harus menggunakan plugin WordPress yang dikenal sebagai TinyMCE advanced.Cukup unduh plugin dan setelah aktivasi, buka Pengaturan » TinyMCE Advanced untuk mengkonfigurasi pengaturan editor. Pada halaman ini, kita akan melihat toolbar Editor TinyMCE dengan tombol. Kita juga akan melihat tombol yang tidak digunakan di bawah ini.

Sekarang yang perlu kita lakukan adalah drag dan drop tombol ukuran font dari tombol yang tidak digunakan ke baris apa pun di toolbar. Setelah itu klik tombol Save Changes.

Untuk melihat tombol beraksi, membuat posting baru atau mengedit yang sudah ada dan kita akan melihat default WordPress editor visual digantikan oleh TinyMCE Editor Lanjutan dengan tombol font-size.

Seperti gambar yang kita lihat di atas, kita dapat memilih ukuran huruf apa pun yang kita suka dari drop-down. Ini akan memberi kita lebih banyak kebebasan dalam hal styling font karena sekarang kita benar-benar dapat memiliki ukuran font yang lebih kecil daripada font body normal (paragraf) yaitu 8pt atau 10pt.

Satu-satunya kelemahan dari metode ini adalah jika kita mengubah tema, kita harus memperhitungkan semua perubahan ukuran font yang kita buat di setiap posting.

Catatan : Jika kita ingin mengubah ukuran font dari semua paragraf (yaitu seluruh konten posting), maka saya sarankan tidak menggunakan plugin TinyMCE, lebih baik membuat perubahan dalam file css.

Demikian artikel ini, banyak kekurangan saya mohon maaf. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman. Jika ada yang ingin ditanyakan atau butuh jasa riset kata kunci, silahkan hubungi saya melalui WhatsApp 0852 1516 9179. Dengan senang hati saya akan membantu menentukan kata kunci yang tepat untuk bisnis teman-teman.

Mari belajar bersama dan berdiskusi lebih lanjut tentang hal ini, bergabung dengan saya di group facebook Kerja Online Indonesia.

Salam Blogger Indonesia.

This post was written by Dedi Purnomo
About

bikin & optimasi web

No comment for Cara Mengatur Ukuran Font Di WordPress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Boleh saya bantu?

Dedi Purnomo

Maaf, dengan siapa dari mana? 00.00