Posts in Hikmah

AMALAN-AMALAN DAPAT JAMINAN RUMAH DI SURGA

Anak Kost Share ya.. 

“Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.” (HR. Bukhari, no. 450; Muslim, no. 533).

“Siapa yang membaca qul huwallahu ahad sampai ia merampungkannya (surat Al-Ikhlas, pen.) sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Ahmad, 3: 437. Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah mengatakan bahwa hadits ini hasan dengan berbagai penguat)

“Siapa yang shalat Dhuha empat raka’at dan shalat sebelum Zhuhur empat raka’at, maka dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Ath-Thabrani dalam Al-Awsath. Dalam Ash-Shahihah no. 2349 disebutkan oleh Syaikh Al-Albani bahwa hadits ini hasan)

“Barangsiapa mengerjakan shalat sunnah dalam sehari-semalam sebanyak 12 raka’at, maka karena sebab amalan tersebut, ia akan dibangun sebuah rumah di surga.” (HR. Muslim, no. 728)

“Aku memberikan jaminan rumah di pinggiran surga bagi orang yang meninggalkan perdebatan walaupun dia orang yang benar. Aku memberikan jaminan rumah di tengah surga bagi orang yang meninggalkan kedustaan walaupun dalam bentuk candaan. Aku memberikan jaminan rumah di surga yang tinggi bagi orang yang bagus akhlaknya.” (HR. Abu Daud, no. 4800. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

“Apabila anak seorang hamba meninggal dunia, Allah berfirman kepada malaikat-Nya, “Kalian telah mencabut nyawa anak hamba-Ku?” Mereka berkata, “Benar.” Allah berfirman, “Kalian telah mencabut nyawa buah hatinya?” Mereka menjawab, “Benar.” Allah berfirman, “Apa yang diucapkan oleh hamba-Ku saat itu?” Mereka berkata, “Ia memujimu dan mengucapkan istirja’ (innaa lilaahi wa innaa ilaihi raaji’uun).” Allah berfirman, “Bangunkan untuk hamba-Ku di surga, dan namai ia dengan nama baitul hamdi (rumah pujian).” (HR. Tirmidzi, no. 1021; Ahmad, 4: 415. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

“Barang siapa yang menutupi suatu celah (dalam shaf), niscaya Allah akan mengangkat derajatnya karena hal tersebut dan akan dibangunkan untuknya sebuah rumah di dalam surga.” (HR. Al-Muhamili dalam Al-Amali, 2: 36. Disebutkan dalam Ash-Shahihah, no. 1892)

“Aku menjamin orang yang beriman kepadaku, masuk islam dan berhijrah dengan sebuah rumah di pinggir surga, di tengah surga, dan surga yang paling tingggi. Aku menjamin orang yang beriman kepadaku, masuk islam dan berjihad dengan rumah di pinggir surga, di tengah surga dan di surga yang paling tinggi. Barangsiapa yang melakukan itu, maka ia tidak membiarkan satu pun kebaikan, dan ia lari dari setiap keburukan, ia pun akan meninggal, di mana saja Allah kehendaki untuk meninggal.” (HR. An-Nasa’i, no. 3135. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)
amalan-amalan dijamin surga

https://rumaysho.com/13072-11-amalan-dapat-jaminan-rumah-di…

Hijrah Dari Desain Grafis Menuju Desain Website

Beberapa diantara teman-teman yang dulu tau kegiatanku didesain grafis mungkin bertanya-tanya “mengapa saya tidak pernah mau lagi jika diminta untuk membuatkan gambar ini atau itu, bahkan tidak sedikit orderan di usahakaos.com saya tolak”..

Baiklah..

Disini jawabannya.
Bukan saya tidak mau membantu atau bahkan menolak rejeki. Tapi, tahukah kalian bahwa software untuk edit gambar seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator itu harganya tidak murah?

Untuk desain grafis, setidaknya kita perlu beberapa software yang harganya adalah:

Windows 10 Pro = Rp. 1.465.000,- (Tokopedia, Juli 2017)
Adobe Photoshop = Rp. 6.000.000,- (Bhineka, Juli 2017)
Adobe Illustrator = Rp. 6.000.000,- (Bhineka, Juli 2017)
Coreldraw = Rp. 5.000.000,- (Bukalapak, Juli 2017)

Sedangkan untuk desain website, kita hanya perlu beli windows original (kebetulan saya dapat gratis juga dari Bro Rangga. Setelah itu untuk software pendukungnya adalah:

Notepad++ = Free
Sublime Text= Free
Browser= Mozilla (Free), Chrome(Free)
Xampp= Free
Internet= Rp. 150.000/bulan

Alhamdulillah..
Lihatlah perbedaanya, itu hanya dari sisi software yang dibutuhkan untuk bekerja. Belum device pendukung lain seperti scanner, yang juga dibutuhkan untuk mendesain.

Maka dari itu sekarang saya banting setir ke desain website dan mengembangkan Jasa Pembuatan Website.

Saya rasa cukup, semoga yang sedikit ini menginspirasi kita semua untuk tidak menggunakan software bajakan.

Mohon do’akan, semoga suatu saat bisa bermain-main (lagi) di workspace photoshop, illustrator, Coreldraw, printer DTG, mesin press dan teman-temannya.

MAAF MAS, SAYA SENGAJA MENABRAK MOTOR MAHALMU

Hujan sore itu (Jakarta, 17 Juni 2016 | 12 Ramadhan 1437 H)

Semua orang ingin cepat-cepat sampai di rumahnya. Apalagi aku, aku harus segera sampai di kampus tercinta untuk mengikuti perkuliahan. Semua perlengkapan sudah terpasang dengan baik. Dengan santai ku kendarai vespa tua kesayangan meninggalkan kantor yang berada di kawasan Jalan KH. Zainul Arifin, Jakarta. Satu kondisi Ibu Kota yang tidak bisa dihindari saat hujan adalah macet.

Disaat macet tersebut, ada salah satu motor yang menabrak vespa tua milikku. Aku diam dan berusaha sabar sembari ku lihat ke arah belakang melalui spion. Setelah beberapa saat berlalu, aku merasakan bahwa raga vespaku yang sudah tua ditabrak lagi untuk yang kedua kalinya. Aku berusaha sabar dan lagi-lagi aku hanya melihat ke arah belakang melalui spion. Tiba-tiba ingin marah rasanya, ketika melihat bahwa yang menabrak ini adalah orang yang sama dengan yang menabrak pertama tadi. Kemarahanku bukan karena vespaku ditabrak. Tapi karena sikap acuhnya seakan tidak merasa bersalah dengan hal itu.

Oke.. Akhirnya saya persilahkan dia berada di depan saya. Setelah dia berada didepan motor saya, dengan mengucap bismillah saya gas vespa tua saya yang akhirnya menabrak motornya yang mahal itu (ngga terlalu keras sih, cukup membalas dua tabrakan yang dia buat).

Sontak saja si pemilik (sebenernya bisa jadi bukan dia pemilik motornya, kalau masih kredit berarti motor itu masih milik leasing :D). Atau supaya saya tidak mendapatkan kritik, kita ganti saya kata “pemilik” dengan “pengendara”. Setuju ya? 😛

Setelah dia menengok ke belakang, segera saya katakan “MAAF MAS, SAYA SENGAJA MENABRAK MOTOR MAHALMU”. Mukanya yang tadinya merah karena marah menjadi ungu :D. “Kok bisa Pak? Kenapa?” desaknya dengan nada tinggi. “Mas tadi nabrak motor saya, nah makanya saya contohin kalau orang nabrak itu cepet-cepet minta maaf” kataku lembut. “Oh.. Iya Mas saya minta maaf, saya buru-buru” jawabnya dengan gugup. “Yaudah mas, silahkan dilanjutin, biasakan minta maaf kalau melakukan kesalahan” kataku dengan santun.

 Dedi Purnomo

Baiklah sahabatku, semua orang pernah melakukan kesalahan. Setuju ya? Pasti setuju. Yang terpenting adalah bukan kesalahan yang kita lakukan. Tapi bagaimana kita meminta maaf dan memohon ampun kepada Allah atas kesalahan dan dosa yang kita pernah lakukan.

Ditulis dengan perasaan hati yang biasa, tidak senang dan tidak sedih juga. Di Lab STMIK Widuri, Jakarta sesaat sebelum mengikuti matakuliah Pemrograman Web.

SENANDUNG KECEMASAN – CELAKA KITA

CELAKA KITA

Umur bertambah, sedang jatah hidup semakin berkurang

Jika ajal telah tiba, ini menakutkan

Banyaknya dosa belum lagi diampuni, sedang kesempatan untuk mendapatkan pahala tak lagi bisa

 

Alangkah beruntungnya kita ketika tetap mendapatkan pahala amal kebaikan meskipun jasad telah membusuk tertimbun tanah

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Duhai, nikmatnya…

 


Lihat!!

Apalagi alasan kita untuk tidak bekerja keras agar mendapatkan rejeki yang banyak sehingga kita bisa sedekah?

Apalagi alasan kita untuk tidak rajin belajar agar kita bisa mengajarkan kepada orang lain?

Apalagi alasan kita untuk tidak segera menikah dengan harapan segera dikaruniakan keturunan yang sholeh dan sholehah?

 

Pemuda, hidup bukan hanya soal bagaimana mendapatkan uang. Tetapi lebih dari itu tentang bagaimana uang kita bisa menjadi sedekah jariyah.

Hidup bukan hanya soal bagaimana pintar dan mendapat nilai besar. Tetapi juga tentang bagaimana ilmu kita bermanfaat untuk orang lain.

Hidup bukan hanya soal bagaimana mempunyai keluarga lalu piknik setiap akhir pekan tiba. Tetapi juga tentang bagaimana mendidik anak-anak kita agar kelak menjadi anak yang sholeh.

 

Semoga Allah karuniakan ketiganya kepada kita semua.

Aamiin..

TERIMA KASIH ANJING

Ucapan terimakasih ini tulus. Sangat tulus untuk anjing milik Bpk. Imam Negara. Badannya besar, kekar, tugasnya menjaga rumahnya di Cirendeu, Jakarta Selatan.

Anjing, bagi kami umat islam termasuk hewan yang najis. Bahkan jikaanjing minum di salah satu bejana milik kita, maka Nabi memerintahkan untuk mencuci bejana tersebut sebanyak tujuh kali (HR. Bukhari no. 172 dan Muslim no. 279).

 

Tapi sebagaimanapun najisnya anjing, tidak mungkin diciptakan kecuali ada manfaatnya. Tidak ada yang sia-sia atas segala yang telah Allah ciptakan.

 

2011. Pengangguran, tidak tahu mau ngapain di Jakarta. Lamaran kerja pun ditolak karena banyaknya persyaratan yang tidak seperti yang diharapkan perusahaan. Setiap hari berusaha memanjatkan do’a terbaik agar Allah memberikan petunjuk apakah melanjutkan perjuangan atau kembali pulang ke kampong halaman menjadi petani.

Do’a terbaik sudah dipanjatkan. Alih-alih Allah mengirimkan rejeki dengan diterima kerja di perusahaan anu atau perusahaan inu. Jauh dari yang diharapkan. Ternyata Allah mengirimkan Anjing untuk menggigitku. Baju dan celana sobek akibat duel dengan anjing herder berwarna hitam itu. Darah mengucur karena si anjing berhasil menggigit bagian lengan dan kakiku. Sakit? Banget !!

Beruntung si anjing rajin di vaksin sehingga insyaAllah aku terhindar dari penyakit yang mungkin bisa aku derita. Beruntung juga si pemilik anjingbersedia bertanggung jawab dengan merawatku di sebuah klinik yang berada tidak jauh dari tempat tinggal pemilik anjing.

Marah? Pasti. Kesal? Jangan ditanya lagi.
Tapi disini yang membuat aku tak lagi berani marah dan berprasangka buruk kepada Allah. Lantaran digigit anjing ini, aku dipertemukan dengan seorang yang sangat dermawan yang mengarahkan bahkan selalu meberikan nasihat-nasihat baik kepadaku. Sampai pada akhirnya mendorongku untuk belajar bahkan kuliah di salah satu perguruan tinggi di Jakarta.

Bahkan ketika sekarang aku mempunyai banyak teman yang luar biasa, aku selalu bersukur kepada Allah dan ingin berterima kasih dengan anjingmakhluk ciptaanNya. Karena dia sudah sangat patuh mengikuti perintah Allah untuk menggigitku saat itu. Alhamdulillah..

Mohon dishare karena banyak sahabat kita yang harus dikuatkan dan diyakinkan bahwa tidak ada yang buruk dari semua yang telah Allah takdirkan. Jika bagi kita itu buruk, bukan karena takdirnya yang buruk, tapi karena kita tidak tau hikmah apa yang tersimpan dari musibah yang kita alami.

Dedi Purnomo || Jakarta 25 Februari 2017
Terima kasih anjing.