KITA TIDAK MAMPU, TENANG! ALLAH MAHA MAMPU

KITA TIDAK MAMPU, TENANG! ALLAH MAHA MAMPU

Kalimat yang saya gunakan sebagai judul ini sering sekali saya dengarkan, tapi ya hanya kalimat. Biasa saja, tidak pernah saya hiraukan bahkan tidak membekas dan tertanam kuat di dalam hati. Hingga suatu ketika, tepatnya pada Januari 2016 lalu, kalimat itu keluar dari mulut wanita terindah yang Allah anugerahkan untukku, dialah ibu.

Singkat cerita, pada Januari 2016 lalu, saya mengabarkan kepada beliau bahwa Allah sudah menolong dan memberikan kekuatan kepada saya untuk meninggalkan kebiasaan buruk merokok. Kabar ini beliau sambut dengan syukur kepada Allah seraya mengucapkan “Alhamdulillah, Allah telah mengabulkan do’a ibumu”. Sejenak saya penasaran dengan do’a apa yang ia panjatkan?. Setelah saya tanyakan ternyata dia berdo’a kepada Allah agar suami dan anak laki-lakinya mampu meninggalkan kebiasaan buruk merokok tersebut.

 

Kalimat yang sangat membekas dan tertanam kuat di hati saya adalah ketika ibu mengatakan “Ibu kan perempuan, kalau ibu yang berusaha merubah kalian (saya dan bapak), capek ibu. Pasti ngga didengerin. Tapi ibu yakin kalau Kita tidak mampu, Allah maha mampu!Kalau Allah yang menggerakkan, pasti enteng, pasti selesai, pasti baik.” Begitu kata ibuku sambil menangis. Kabar yang paling menggembirakan saya adalah ternyata Bapak saya juga diberi kekuatan oleh Allah untuk berhenti dari kebiasaan buruk merokok itu setelah mendengar saya berhenti merokok.

 

Allah Maha Mampu

Bergetar tubuh ini mendengar pancaran iman yang tebal dari ibuku. Ibu yang telah mengajarkan makna  لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ. “Tiada daya dan upaya kecuali karena kehendak Allah”

Bahwa pada sejatinya memang manusia itu lemah. Tidak ada yang bisa manusia kerjakan kecuali atas pertolongan Allah. Bahkan kita tidak akan pernah bisa mengucapkan syukur kecuali karena telah Allah bantu kita untuk bersyukur.

 

Kita juga tidak mampu mengatur hati kita berprasangka baik kepada orang lain, maka dari itu kita harus meminta kepada Allah agar menggerakkan hati kita untuk berprasangka baik terhadap Allah dan sesama.

Kita tidak mampu merubah BOS untuk menaikkan gaji kita, memintalah kepada Allah. Hati BOS milik Allah. Allah Maha mampu. Mudah bagi Allah merubah hatinya. Mari mengharap hanya kepada Allah yang Maha Mampu, jangan sampai kita mengharap kepada selainNya.

 

Semoga Allah memudahkan kita untuk terus bersyukur dan mengkaruniakan kita jasad yang ringan untuk sujuda dan beribadah kepadaNya.

Jakarta, 16 Mei 2017 | 19 Sya’ban 1438 H

Dedi Purnomo

Saya seorang web developer, saya bisa membantu Anda membuat dan mengembangkan website serta merencanakan pemasaran online untuk usaha Anda. Untuk lebih lengkap silahkan klik Jasa Pembuatan Website Murah

Post Comment