Menu Click to open Menus
Home » Membuat Website » Langkah 1: Persiapan – Tahapan Membuat Website

Langkah 1: Persiapan – Tahapan Membuat Website

(38 Views) Januari 20, 2019 8:18 am | Published by | 2 Comments

Tahapan membuat website ini hanya akan memerlukan waktu beberapa menit. Setelah itu website Anda akan online dan Anda mulai ngeblog!

Sebelum Anda mulai menulis blog, ada dua hal yang perlu Anda lakukan:

1. Memilih nama domain

Sudah punya domain terdaftar? Lanjut langkah 2

Nama domain untuk website saya adalah www.dedipurnomo.com. Jika Anda mengetikkan nama domain itu ke browser internet di mana saja di dunia, Anda akan masuk ke situs ini.

Satu tips penting yang harus diperhatikan dalam memilih nama domain adalah harus deskriptif atau mendeskripsikan secara umum isi dari website Anda. sehingga audiens Anda akan segera tahu apa yang ada di website Anda.

Pilihan lain adalah cukup menggunakan nama Anda sendiri. Sebagai contoh website saya ini. Ini memiliki manfaat seperti akan membangun kedekatan secara personal dengan para pembaca website.

Ekstensi domain

Setelah Anda memiliki beberapa ide nama domain, Anda harus memilih ekstensi domain.
Domain .com adalah standar utama, tetapi jika sudah tidak tersedia, Anda bisa memilih domain .net dan .org juga boleh. Atau boleh juga memilih nama domain dengan ekstensi .ID

Saya menyarankan untuk menjauh dari ekstensi lain seperti .us atau .biz, karena ekstensi ini tidak familiar bagi kebanyakan orang.

Anda mungkin menemukan bahwa nama domain yang Anda inginkan sudah diambil orang lain. Jika demikian, Anda dapat mencoba menambahkan kata-kata sederhana seperti “the”, “a”, atau “my” ke awal nama. Dan saya tidak menyarankan untuk menambahkan tanda hubung antara kata-kata seperti tanda “-“. Karena ini membuat kita sedikit repot ketika menyebutkan domain.

Catatan: Anda tidak dapat menggunakan tanda baca apa pun selain tanda hubung (-) dalam nama domain.

2. Memilih hosting dan domain.

Memilih hosting berarti memilih tempat untuk menyimpan semua file untuk website Anda dan mengirimkannya kepada pengunjung saat mereka mengetikkan nama domain Anda.

Hosting yang buruk akan membuat website Anda menjadi tidak maksimal atau bahkan tidak berkembang. Pengguna akan frustrasi dengan waktu loading halaman yang lambat.

Ada ratusan web hosting berbeda yang dapat Anda pilih, tetapi rekomendasi saya untuk orang-orang yang bertanya kepada saya adalah apa yang tersimpan dalam link dedipurnomo.com/hosting(redirect).

Saya sangat merekomendasikan dedipurnomo.com/hosting, Anda bisa membeli domain, hosting dan layanan yang kita butuhkan untuk membuat website yang baik.

Apa selanjutnya?
Silahkan klik Langkah 2: Membeli Hosting – Tahapan Membuat Website

This post was written by Dedi Purnomo
About

bikin & optimasi web

Categorised in:

2 Komentar for Langkah 1: Persiapan – Tahapan Membuat Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Boleh saya bantu?

Dedi Purnomo

Maaf, dengan siapa dari mana? 00.00