Menu Click to open Menus
Home » Blogging » Malas Bikin Konten? Coba Trik Merubah MP3 menjadi Teks Pada Windows

Malas Bikin Konten? Coba Trik Merubah MP3 menjadi Teks Pada Windows

(208 Views) November 14, 2017 10:12 am | Published by | No comment

Pada tutorial kali ini saya akan menunjukkan kepada teman-teman bagaimana cara merubah mp3 menjadi teks pada windows. Sebelumnya saya juga sudah membuat tutorial cara merubah suara ke format teks dengan menggunakan sistem operasi android.

Tentu dengan trik ini temen-temen blogger akan mendapatkan banyak sekali konten unik yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengisi website. Di mana kita tahu bahwa pada proses pembuatan konten inilah seringkali blogger atau para pelaku bisnis online gagal membangun websitenya. Meningkatkan produktivitas pembuatan artikel yang berkualitas untuk website kita tanpa harus melakukan copy paste dari website lain.

Selain keuntungan di atas tehnik ini juga bisa digunakan bagi para pelajar yang ingin merubah rekaman pembelajaran dalam kelas menjadi sebuah rangkuman yang lengkap misalnya. Atau juga meringankan pekerjaan sekretaris atau notulen yang harus mencatat semua apa yang dibahas dalam sebuah rapat.


 

Baiklah, langsung saja kita bahas Trik Merubah MP3 menjadi Teks Pada Windows.

Berbeda dengan tutorial merubah suara menjadi teks pada android yang sudah kita bahas sebelumnya, saat ini yang akan kita bahas adalah lebih khusus yaitu merubah MP3 menjadi format teks pada windows. Jika pada tutorial sebelumnya tidak ada penambahan software untuk membantu kinerja kita, kali ini kita membutuhkan satu buah software yang dinamakan Virtual Audio Cable.

Software ini berguna sebagai penyambung virtual yang seolah-olah ada Line in dari luar laptop seperti halnya mikrophon atau sejenisnya. Yang padahal sebenarnya itu tidak ada. Suara itu berasal dari dalam laptop kita sendiri yaitu dari MP3 yang kita play di laptop.

Sehingga ketika Virtual Audio Cable ini diaktifkan, suara laptop akan menjadi hilang dan outputnya akan menjadi berupa teks.

Langsung saja silakan download virtual audio cable ini dengan mengeklik link di bawah ini dan ikuti langkah-langkah penggunaannya.

Klik untuk download Virtual Audio Cable

1. Setelah terdownload silahkan langsung di-instal di laptop teman-teman.

[post-content id=52476]

2. Kemudian setelah terinstal, Klik kanan pada Voice atau logo suara yang ada di sisi bawah sebelah kanan dan pilih playback device.

merubah mp3 menjadi teks pada windows

3. Pada bagian Playback, ubah yang tadinya speaker menjadi Line 1 dari Virtual Audio Cable dengan cara klik pada Line 1 kemudian Set Default 

Kelemahan Trik Merubah MP3 menjadi Teks Pada Windows menggunakan teknik ini dari yang saya alami adalah:

1. Belum bisa membaca tanda baca seperti titik, koma atau yang sejenisnya. Sehingga kita harus mengedit ulang kata dan kalimat yang dihasilkan sehingga mudah dimengerti oleh pembaca tulisan kita nanti.

2. Kita harus memantau daripada google voice itu karena seringkali terputus saat MP3 masih diputar.

Itulah tutorial kali ini silahkan dipraktekkan. Semoga bermanfaat, apabila ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan bisa langsung di komentar atau inbox saya via Facebook, Twitter, Instagram atau yang lainnya. ada hal-hal yang ingin didiskusikan silahkan hubungi saya melalui WhatsApp 0852 1516 9179.

Salam blogger Indonesia.

This post was written by Dedi Purnomo
About

bikin & optimasi web

Tags: , ,
Categorised in:

No comment for Malas Bikin Konten? Coba Trik Merubah MP3 menjadi Teks Pada Windows

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Boleh saya bantu?

Dedi Purnomo

Maaf, dengan siapa dari mana? 00.00