Memilih Bisnis VS Memilih Jodoh

Memilih Bisnis VS Memilih Jodoh

Memilih dan memulai bisnis itu sama dengan memilih jodoh dan memulai rumah tangga.

Kok bisa?

Begini, coba kita analisa.

Islam mengajarkan untuk tidak jatuh cinta sebelum menikah. Bahkan sangat dianjuran menyemai dan memupuk benih-benih cinta itu setelah terjadi pernikahan. Kenapa harus seperti itu? Ya, itu. Agar kita objektif dan tidak nekat menikahi seseorang yang berani melanggar larangan agama lantaran “sudah terlanjur cinta”.

Sama halnya bisnis. Jangan terfokus pada produknya. Karena ketika sudah terlanjur terjun pada sebuah bisnis, seseorang akan memaksa entah bagaimana caranya harus berhasil di bisnis tersebut. Pola seperti ini juga bisa dijalankan. Tetapi dibutuhkan kerja keras jika kita salah memilih bisnis yang mempunyai banyak pesaing.

Jadi, pola yang benar memilih bisnis itu adalah lihat dulu seberapa dibutuhkannya produk yang akan kita jual dan berapa banyak kompetitornya. Ketika ketemu dengan yang banyak dibutuhkan orang dan kompetitornya sedikit, maka baru cari produknya. Dengan pola ini, bisnis kita insyaAllah akan lebih mudah berkembang.

Pun dengan jodoh. Pahami dulu kriteria yang dianjurkan menurut agama, kalau sudah tau, cari orangnya (yang mau). Kalau sesuai kriteria yang diajarkan agama dan mau, baru tumbuhkan benih-benih cinta itu. Dengan pola seperti ini, insyaAllah kebahagiaan akan kita dapatkan. Share jika setuju.

Bahas apa sih? Paham ngga? let’s discuss. 

Dedi Purnomo

Saya seorang web developer, saya bisa membantu Anda membuat dan mengembangkan website serta merencanakan pemasaran online untuk usaha Anda. Untuk lebih lengkap silahkan klik Jasa Pembuatan Website Murah

Post Comment