Menu Click to open Menus
Home » Blogging » Mengapa Saya Sulit Untuk Menulis? Blogger Wajib Baca!

Mengapa Saya Sulit Untuk Menulis? Blogger Wajib Baca!

(80 Views) November 9, 2017 12:07 am | Published by | No comment

Kita semua pasti ingin bisa menyampaikan apa yang sedang kita pikirkan dalam bentuk tulisan. Namun tidak dipungkiri seringkali kita kesulitan untuk menuangkan apa yang kita pikirkan menjadi sebuah tulisan yang tersaji dengan baik sehingga orang lain dapat membaca dan mengerti dengan apa yang ingin kita sampaikan.

 

Kenapa saya seringkali sulit menuangkan ide dalam bentuk tulisan?

Apa yang harus saya lakukan agar saya mudah menuangkan apa yang saya pikirkan dalam bentuk tulisan?

Itulah beberapa pertanyaan saya yang saya ajukan kepada diri saya sendiri yang mungkin juga menjadi pertanyaan teman-teman semua.

Baiklah dalam tulisan kali ini kita akan coba bahas tentang penyebab itu semua dan apa solusi dari pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan di atas.


Kenapa kita seringkali sulit untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan?

Baik, dulu saya juga kesulitan untuk menemukan jawaban dari permasalahan saya ini. Tetapi suatu ketika saya mendengarkan salah seorang Ustadz mengatakan suatu kaidah yang membagi saya ini sangat luar biasa bermanfaat. Kaidah tersebut adalah, “bagaimana kita bisa memberi kalau kita tidak memiliki?”

Kalimat ini terdengar sangat masuk akal dan inilah jawaban dari permasalahan kita yang pertama. Kita sulit mengeluarkan ide, gagasan pikiran kita dalam bentuk tulisan karena kita miskin perbendaharaan kata. Sehingga ketika kita ingin menyampaikan dalam bentuk tulisan, kita sulit untuk memilih kata apa yang tepat untuk menggambarkan apa yang sedang ada dalam pikiran kita. Bahkan ketika dipaksakan untuk menulis, yang terjadi adalah orang lain sulit mengerti apa yang sedang ada dalam pikiran kita. Sehingga tulisan kita kurang mendapatkan respon positif dari pembaca.

Apa yang harus saya lakukan agar saya mudah menuangkan apa yang kita pikirkan dalam bentuk tulisan?

1. Memperbanyak Pendarahan Kata

Solusinya adalah dengan memperbanyak perbendaharaan kata yang ada di dalam pikiran kita. Bagaimana kita memperbanyak perbendaharaan kata yang ada dalam pikiran kita? Caranya adalah dengan banyak membaca. Semakin banyak kata, kalimat, paragraf, buku yang kita baca, perbendaharaan kata dalam pikiran kita akan semakin kaya. Sehingga bahkan terkadang kata-kata itu meluncur dengan sendirinya pada saat-saat yang dibutuhkan tanpa difikirkan terlebih dahulu. Hal ini juga sangat bermanfaat bagi kita yang ingin lancar untuk berbicara di depan umum.

Selain membaca Kita juga bisa mendengarkan pidato atau ceramah dari para ustad yang menyampaikan ilmunya dengan serius. Dengan seperti itu kita akan banyak sekali mendapatkan kosakata baru yang secara otomatis tersimpan di dalam pikiran kita. Dan keterampilan menulis serta berbicara di depan umum ini merupakan salah satu soft skill yang wajib dimiliki bagi orang-orang yang menginginkan kebaikan di dunia maupun di akhirat. DDari hal ini juga sebenarnya menjadi perhatian khusus bagi kita yang sering mendengarkan lagu disertai dengan musik. Kalau kita lihat lirik lagu dan musik itu tidak memberikan banyak kosakata baru untuk kita. Bahkan banyak diantara lirik lagu itu menggambarkan kelemahan, pesimis, putus asa dan kalimat kalimat negatif lainnya yang sungguh tidak bermanfaat untuk kita.

Lalu bagaimana dengan lirik lagu yang penuh dengan kata-kata positif yang membangun? Saya katakan bahwa hal ini juga kurang baik untuk perbendaharaan kata di otak kita karena mau tidak mau yang kita dengar hanya itu-itu saja sehingga perbendaharaan kata dilihat pikiran kita tidak bertambah.

Kita dikaruniakan otak yang sungguh luar biasa oleh Sang Maha Kuasa. Sudah semestinya karunia yang luar biasa ini diisi dengan asupan yang juga penuh hikmah dan manfaat. Dan itu tidak akan bisa kita lakukan kecuali atas pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Maka dari itu Sudah Selayaknya kita memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala agar kita dimampukan untuk memberikan asupan yang tinggi dan bermanfaat untuk pikiran kita sehingga kita bisa menularkan pikiran positif yang ada adalah otak kita dalam bentuk tulisan.

2. Memperbaiki Niat Menulis

Banyak di antara teman-teman blogger, menulis dan berbagi melalui media website untuk mendapatkan uang. Untuk mendapatkan banyak pengunjung website. Yang padahal ini tidak bisa didapatkan dalam waktu yang singkat. Kita butuh banyak sekali tulisan-tulisan berkualitas jika ingin mendapatkan pengunjung dan mendapatkan uang dari aktivitas blogging kita. Namun masalahnya jika hanya ini motivasi terbesar kita melalui website, itu akan menjadi malas dan tidak ingin berbagi ketika apa yang kita inginkan tersebut tidak kunjung kita dapatkan.

Dulu saya juga meniatkan seperti itu sehingga pada satu titik timbulah kejenuhan karena pengunjung di website saya tidak kunjung bertambah dan saya tidak mendapatkan uang dari aktivitas yang saya kerjakan itu.

Lalu apa niat terbaik yang seharusnya dimiliki seorang penulis yang aktif menulis di website?

Niatkan agar kita bisa bermanfaat untuk orang lain. Niatkan agar kita mempunyai karya yang dengan karya itu kita dapat membantu orang lain. Niatkan ketika kita menulis dan membagikan tips dalam bentuk tulisan di website agar orang lain menemukan solusi dari masalah yang sedang dihadapi. Setelah meluruskan lihat itu semua, satu harapan besar dari semua yang kita lakukan adalah mendapat ridho Allah dan aktivitas blogging kita bernilai pahala di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

Terima kasih sudah mengunjungi website ini dan menyimak tulisan saya.Semoga dengan ini teman-teman dan khususnya yang aktif menulis di blog lebih mudah untuk menuangkan sebuah ide, gagasan, Atau segala yang dipikirkan menjadi satu bentuk tulisan yang indah.

Salam blogger Indonesia.

Ditulis dalam bis Mayasari Bakti saat perjalanan di pagi hari dari Jakarta menuju Bogor.

This post was written by Dedi Purnomo
About

bikin & optimasi web

Tags: , , ,
Categorised in:

No comment for Mengapa Saya Sulit Untuk Menulis? Blogger Wajib Baca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Boleh saya bantu?

Dedi Purnomo

Maaf, dengan siapa dari mana? 00.00