Menu Click to open Menus
Home » Belajar Hidup Sehat » Menu Sarapan Pagi Simple, Murah dan Baik Untuk Tubuh

Menu Sarapan Pagi Simple, Murah dan Baik Untuk Tubuh

(90 Views) September 10, 2019 4:04 pm | Published by | No comment

Kali ini saya ingin berbagi satu jenis menu sarapan pagi simple, murah dan baik untuk tubuh. Menu sarapan ini direkomendasikan oleh dua orang sahabat saya yang keduanya berhasil menjaga dan menurunkan berat badannya.

Kenapa kita harus memilih-milih makanan? Silahkan simak tulisan saya sebelumnya Kendaraan VS Badan

Sarapan Pagi Simple

Ini adalah sarapan yang mudah. Tidak perlu dimasak begini dan begitu. Tidak perlu ditambah bumbu yang bisa jadi hanya untuk menyenangkan lidah tapi sejatinya menyengsarakan badan karena tidak dibutuhkan dan sulit dicerna.

Kalau mau makan tinggal dituangkan susu sapi segar dan didiamkan sebentar lalu makan. Bahkan terkadang kalau saya lupa merendamnya dimalam hari, saya langsung menyantapnya sesaat setelah saya menuangkan susu. Meskipun agak keras. Hehee..

Untuk susunya usahakan pakai susu murni dari peternakan langsung. Kita berusaha semaksimal mungkin menghindari produk dengan bahan pengawet.

Sarapan Murah

Ini adalah makanan yang murah. Harganya sekitar 70rban/kg. Sekali makan cukup 30g (tapi kadang saya juga suka lebihin sampai 45g). 1kg anggap untuk 30 kali sarapan. Jadi sekali sarapan cuma Rp. 2.400,-

Ditambah dengan susu sapi murni. Kalau di Cileungsi 15rb/liter. Ini bisa untuk 4 kali. Sekali rendaman berarti Rp. 3.750,-

Total = 3.750 + 2.400
= Rp 6.150,-

Murah kan? Heheee

Mungkin ada yang nanya, “Emang kenyang?”
Hehee.. Menurut saya, pagi-pagi jangan terlalu kenyang. Terutama bagi pekerja kantoran yang kurang gerak. Kalau mau kenyang siangnya saja.

Dan sebenernya ngga pentes juga seorang muslim makan sampai kenyang. Kita diajarkan untuk makan sebatas menegakkan tulang punggung saja bukan?

Kata Nabi, “Tidaklah seorang manusia memenuhi satu wadah yang lebih berbahaya dibandingkan perutnya sendiri. Sebenarnya seorang manusia itu cukup dengan beberapa suap makanan yang bisa menegakkan tulang punggungnya. Namun jika tidak ada pilihan lain, maka hendaknya sepertiga perut itu untuk makanan, sepertiga yang lain untuk minuman dan sepertiga terakhir untuk nafas.” (HR. Ibnu Majah no. 3349 dan dinilai shahih oleh al-Albani dalam shahih sunan Ibnu Majah no. 2720)

Baik Untuk Tubuh

Kenapa baik untuk tubuh?

Karena bahan makanan ini terdir dari gandum mentah/oatmeal, buah-buahan kering (kismis, aprikot, apel, peach, dan lain-lain), kacang-kacangan (almond, chesnut, dan lain-lain), serta biji-bijian (kuaci, chia seed, dan lain-lain).

Nah, makanan apa itu?

Namanya muesli. Ini bagus untuk menu sarapan. Kita bisa beli secara online atau di supermarket-supermarket.

Muesli untuk 2 porsi

Catatan:
Yang perlu diperhatikan, saya menulis seperi ini bukan berarti saya orang paling sehat ya. Justru saya adalah orang yang selama ini kurang mensyukuri kesehatan dan sudah merusak organ-organ tubuh pemberian Allah dengan malas olahraga, mengkonsumsi makanan yang tidak dibutuhkan untuk tubuh, merokok, begadang, dan kegiatan lain yang sebenarnya tidak saya perlukan. Dan sekarang saya sedang berusaha memperbaiki itu.

Mohon do’anya agar Allah memberikan kesehatan kepada kita.

Sahabatmu,
Dedi Purnomo

This post was written by Dedi Purnomo
About

bikin & optimasi web

Tags: ,
Categorised in:

No comment for Menu Sarapan Pagi Simple, Murah dan Baik Untuk Tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Boleh saya bantu?

Dedi Purnomo

Maaf, dengan siapa dari mana? 00.00