Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Panduan Untuk Mengatur Domain Custom Pada Blogspot

Panduan Untuk Mengatur Domain Custom Pada Blogspot

(99 Views) Oktober 30, 2017 10:57 pm | Published by | 1 Comment

Panduan Untuk Mengatur Domain Custom Pada Blogspot Panduan ini adalah panduan tentang bagaimana menggunakan nama domain yang benar yang bisa kita gunakan saat blogging di platform Google Blogger .


Pertama, jika kita berencana untuk memberikan tampilan profesional ke blog kita dengan mengubah url dari contoh.blogspot.com menjadi contoh.com , maka berada di tutorial ini adalah sesuau yang sudah tepat. Ini adalah tutorial terbaik dan termudah untuk mewujudkan keinginan itu.

Untuk bisa mempraktikkan tutorial Panduan Untuk Mengatur Domain Custom Pada Blogspot ini, kita hanya perlu memiliki dua hal, yakni:

  1. Nama domain khusus profesional (harganya normalnya sekitar Rp. 140.000) tapi saya mendapatkan domain tulusayu.com hanya Rp. 55.000,- (saat itu lagi promo)
    Tempat beli domain dan hosting murah klik dedipurnomo.com/hosting.
  2. Sebuah akun gratis di Blogger.com. Jika belum punya, silahkan lihat tutotialnya Cara Bikin Website Lewat HP – Mudah dan Cepat

Tapi sebelum kita mulai tutorial ini, mari kita lihat apakah nama domain custom lebih baik dan mengapa lebih baik dari pada sub domain gratis seperti contoh.blogspot.com.

Jika Anda sudah mengetahui teori dan manfaat dari custom domain atas nama blogspot, maka silahkan langsung lanjut ke bagian tutorial .

Apa itu Nama Domain Custom Profesional?

Setiap blogger pasti menginginkan blognya memakai domain tingkat atas atau Top Level Domain ( TLD ) seperti .com .net .us .in, ini adalah yang saya sebut sebagai nama domain custom profesional.

Mengapa Nama Domain Khusus Diutamakan Dibanding Sub-domain blogspot

Jawabannya sederhana – nama domain sebuah blog adalah Brand Image-nya .

Seperti yang kita pahami diatas, cepat atau lambat, setiap Blogger ingin agar blognya terlihat dan menjadi profesional lalu mulai mendapatkan penghasilan darinya.

Jadi, walaupun seseorang sudah memulai atau berencana untuk memulai sebuah blog sebagai hobi baru, pasti  mereka ingin membeli domain custom untuk menghindari komplikasi di masa depan dan berisiko kehilangan otoritas domain kita jika kita tidak segera berencana untuk beralih dari sub blogspot gratis  ke nama domain khusus.

Resiko Terkait dengan Mengatur Domain Custom Pada Blogspot menjadi Nama Domain Khusus

Ini seperti mengubah nomor telepon kita. Begitu kita mengganti nomor telepon kita, kita harus meminta semua kontak di hp kita untuk memperbarui buku telepon mereka secara manual dengan nomor telepon terbaru kita. Karena jika tidak, pasti ada teman yang menghubungi kita ke no ponsel kita yang lama. Benar?

Kabar baiknya adalah, Google telah menangani situasi ini. Google melakukan redirection dari alamat web yag lama kita (sub-domain blogspot) ke alamat web kita yang baru(custom domain).

Jadi, kita tidak perlu khawatir dengan tautan balik dari situs web lain, jika kita meningkatkan versi dari sub-domain blogspot ke domain khusus. Google mengalihkan semua lalu lintas yang datang ke alamat blogspot kita ke domain custom kita yang baru.

Jadi, sejauh ini, lalu lintas dari Google yang berkaitan dengan alamat sub domain kita yang lama tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Tapi kita perlu khawatir tentang sumber trafik penting lainnya dan faktor peringkat penting (seperti Google PageRank tidak lagi valid), (otoritas halaman) dan DA (otoritas domain).

Otoritas Domain kita (DA) akan turun menjadi nol dan semua saham sosial menghitung artikel kita sebelumnya dan yang kita banggakan dengan menampilkannya di posting Anda, akan turun menjadi nol, karena url kita akan berubah.

Jadi, jika kita berencana untuk menghemat beberapa dolar sekarang, dengan menggunakan sub-domain BlogSpot gratis pada awalnya dan kemudian beralih ke domain khusus – maka kita pasti akan berisiko kehilangan PA dan DA kita yang telah terbangun selama ini.

Oleh karena itu saya sangat menyarankan untuk langsung membuat domain custom sejak awal.

Akun blogger gratis

Yup, ini gratis. Blogger memberi kita platform gratis untuk meng-host blog kita. Dan seperti yang telah kita ketahui bersama, biasanya (hampir rata-rata) selalu ada kekurangan ketika dibandingkan antara yang gratis dan berbayar.  Maka itu, saya menyarankan agar membeli hosting lengkap dan mencari blog berbasis WordPress, namun jika teman-teman baru memulai dan tidak ingin menginvestasikan uang lebih banyak maka kita bisa mencoba dengan Blogger (yang seperti yang telah saya sebutkan benar-benar gratis)

Blogger memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tapi untuk tutorial ini saya tidak membahas detailnya dan saya berasumsi bahwa kita sudah memiliki akun Blogger. Jika tidak, maka Anda bisa Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula


Sekarang, kita mulai tutorialnya.

Menyiapkan Domain Custom di Blogger

Langkah 1 Mengatur Domain Custom Pada Blogspot

Masuk ke Blogger dan buka Setting -> Basic. Sekarang, Di bagian Publishing, ganti ” Alamat Blog “.
kita bisa melihat url blog saat ini sebagai ” example.blogspot.com “
Dan katakanlah kita ingin mengubahnya menjadi ” www.example.com “.

Jadi, klik ” + Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda“.

CATATAN : Di blogger, kita tidak bisa langsung menggunakan nama domain tanpa subdomain seperti example.com. Kita harus menggunakan sub-domain seperti ” www ” atau ” blog ” .Tetapi begitu kita menyiapkan sub domain sebagai alamat blog kita, tentu saja kita bisa forward domain tanpa sub domain kita ke sub domain kita. Teruslah membaca artikel ini. )

Panduan Untuk Mengatur Domain Custom Blogger

Langkah 2 Mengatur Domain Custom Pada Blogspot

Sekarang masukkan nama domain custom Anda ” www.example.com ” atau ” blog.example.com ” dan tekan ” Save “.

Panduan Untuk Mengatur Domain Custom Blogger OKE

Begitu kita menekan “Save”, kita akan melihat pesan seperti gambar di screenshot di atas.
Kesalahan tersebut mengatakan: ” Kami belum dapat memverifikasi otoritas Anda terhadap domain ini. Kesalahan 12. “
Tenang, tidak perlu khawatir, cukup catat dua label atau nama host beserta targetnya di notepad.

Langkah # 3 Mengatur Domain Custom Pada Blogspot

Dua label, yang kita dapatkan dari Langkah # 2 akan menjadi dua sub domain baru kita. Cukup menuju ke tempat dimana kita membeli domain dan atur dns pada pengaturan “DNS Management”

Screenshot berikutnya khusus adalah salah satu contoh blog milik saya yang diregister di salah satu penyedia layanan hosting di Indonesia:

Panduan Untuk Mengatur Domain Custom Blogger kelola dns

Note: Biasannya tidak bisa diisikan sekaligus. Masukan satu alamat kemudian simpan, begitu seterusnya sampai selesai. 

Setelah semua proses selesai, tunggu beberapa jam (maksimal 48 jam) untuk mendapatkan perubahan ini diproses (tapi kadang cuma beberapa jam. Ngga perlu dicek-cek terus juga. Sabar, tunggu aja sambil bikin mie instan. hehee). Dan begitu perubahannya diproses, kita bisa mengakses blog kita dengan nama domain custom baru kita.

Saya rasa cukup artikel kali ini. Selamat mencoba dan jangan sungkan untuk berdiskusi dengan saya jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan. Jika memerlukan bantuan, saya siap untuk membantu teman-teman untuk merubah domain untuk blogspotnya. Jangan sungkan. Saya akan sangat senang jika teman-teman bersedia untuk membagikan tutorial ini ke akun media sosial teman-teman.

Mari bergabung dan sharing bersama kami dalam group  Kerja Online Indonesia.

This post was written by Dedi Purnomo
About

bikin & optimasi web

Tags: ,
Categorised in:

1 Komentar for Panduan Untuk Mengatur Domain Custom Pada Blogspot

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Boleh saya bantu?

    Dedi Purnomo

    Maaf, dengan siapa dari mana? 00.00