SEO Website adalah

dalam seo

SEO Website Adalah?

SEO website adalah proses mendapatkan traffic (kunjungan) ke website kita dari hasil pencarian “gratis” atau “organik” di mesin pencari seperti Google Bing, dan Yahoo. Saya berfikir untuk mulai menulis tentang SEO seiring banyaknya orang yang ingin tahu tentang hal ini. Dulu saya pernah menuliskan artikel tentang SEO juga, namun saat itu hanya bercerita tentang pengalaman belajar SEO.

Ini akan menjadi pembahasan yang panjang, semoga Allah mudahkan kita dalam memahaminya..
Mari kita mulai..

Mesin pencari seperti Google Bing, dan Yahoo memiliki hasil pencarian utama, di mana halaman web dan konten yang ditampilkan akan diberi peringkat berdasarkan apa yang dianggap paling relevan bagi pengguna mesin pencari. Ini tidak termasuk iklan ya. SEO benar-benar gratis dan sesuai dengan algoritma dari mesin pencari itu sendiri.

Jadi, dengan seo ini, kita akan dapat memposisikan website kita di halaman satu mesin pencari sesuai dengan kata kunci yang kita targetkan. Dengan demikian kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya promosi setiap bulannya. Karena website kita sudah “dipromosikan” secara gratis di halaman satu mesin pencari.

Keuntungan Menggunakan SEO

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan jika kita mempunyai website yang sudah dioptimasi atau dalam istilah lain bisa kita sebut SEO Friendly. Beberapa hal yang saya rasakan setelah menggunakan SEO website adalah sebagai berikut:

  • Gratis! Tentu jika kita membangun dan mengoptimasi sendiri ya. Kalau bayar, emmm.. bisa puluhan sampai ratusan juta.
  • Mayoritas pengguna mesin pencari lebih cenderung mengklik salah satu dari 5 website teratas di halaman hasil atau dalam istilah orang-orang SEO adalah suggestions in the results pages (SERPS). Untuk memanfaatkan ini dan mendapatkan pengunjung ke website atau pelanggan toko online kita, website kita harus muncul di salah satu posisi teratas ini.
  • SEO website tidak hanya tentang mesin pencari. Tetapi praktik SEO yang baik meningkatkan pengalaman pengguna dan kegunaan dari website kita. Salah satu tanda bahwa pengguna merasa terbantu dengan keberadaan website kita adalah mereka betah berlama-lama di laman website kita.
  • Pengguna memercayai mesin pencari. Maka jika website kita tampil di posisi teratas untuk kata kunci yang mereka cari, mereka akan percaya dengan website kita.
  • Akan dibagikan. Orang-orang yang menemukan website kita di Google atau Yahoo lebih cenderung akan membagikan artikel kita di Facebook, Twitter, Google+ atau media sosial lainnya yang mereka miliki.
  • SEO dapat menempatkan website kita di depan persaingan. Jika terdapat dua situs web menjual hal yang sama, website yang dioptimasi lebih cenderung memiliki lebih banyak pelanggan dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Apakah Kita Membutuhkan SEO?

Singkatnya, SEO website adalah cara untuk mengoptimalkan website kita sehingga mesin pencari akan menyukai dan memberi website kita posisi yang lebih baik.

Hal ini penting karena SEO website yang baik dapat mendorong pengunjung yang lebih banyak ke website, blog, atau toko online kita dan mendapatkan lebih banyak pelanggan, melakukan penjualan, dan memenuhi tujuan dari pembuatan website kita.

Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan SEO Website

Ada tiga hal besar yang harus diperhatikan ketika kita ingin mengoptimasi website dengan teknik ini. Tiga hal besar ini harus benar-benar tepat karena faktor-faktor itu saling mendukung antara satu dengan yang lainnya. Jika salah satu faktor dari sekian banyaknya faktor itu kurang kita perhatikan, maka optimasi yang kita lakukan bisa gagal atau bahkan sia-sia.

Terdapat tiga faktor besar yang menentukan keberhasilah kita dalam mengoptimasi website. Yaitu:

  • SEO On page
  • SEO Off page
  • Pelanggaran

Mari kita bahas tiga faktor besar dari keberhasilah SEOwebsite di atas.

SEO On Page

Faktor ini sepenuhnya berada dalam kendali kita sebagai pemilik website. Dimana kita bisa memperbaiki dan meningkatkan kualitasnya secara langsung tanpa harus bergantung kepada orang lain. Faktor-faktor pendukung SEO On Page itu adalah:

  • Gunakan URL yang SEO-Friendly
  • Mulai judul dengan kata kunci
  • Tambahkan “pemikat” ke judul kita
  • Gunakan tag H1 untuk kata kunci yang kita targetkan
  • Untuk lebih jelasnya bisa baca artikel khusus tentang SEO On Page ini. 

SEO Off Page

Berbeda dengan faktor SEO On Page yang bisa kita kontrol secara penuh. Faktor ini tidak bisa kita kontrol secara penuh. Memang sebagian besar bisa kita “rekayasa”. Namun saya sarankan untuk tidak merekayasanya. Karena kalau kita tidak bisa dalam merekayasanya, kita justru akan terjebak melakukan pelanggaran dan website kita tidak akan tampil di mesin pencari.

Cara yang alami tanpa rekayasa adalah ketika seseorang memberikan link tautan ke website kita secara suka rela. Untuk membangun hal itu, kita harus membuat website kita menjadi sangat bermanfaat  untuk orang lain. Sehingga orang yang merasa mendapatkan manfaat dari website kita, dia akan dengan senang hati untuk membagikan tulisan kita ke website atau sosial media yang mereka miliki.

Namun jika ingin dengan jalan “merekayasa” hal ini, kita dapat membahas secara lebih rinci di artikel SEO Off Page.

Pelanggaran

Ini merupakan faktor penting yang harus sangat diperhatikan ketika ingin menggunakan teknik SEO website. Setiap mesin pencari memiliki aturan ketat. Hal ini karena mereka ingin memastikan bahwa orang yang mencari informasi melalui mesin pencari mereka mendapatkan artikel yang benar-benar relevan dan berkualitas. Sehingga kita perlu memperhatikan apa saja yang tidak diperbolehkan mesin pencari.

Pelanggaran ini banyak terjadi atau banyak dilakukan ketika seseorang ingin mengembangkan faktor SEO Off Page. Oleh karena itu, jika kita ingin “merekayasa” SEO Off Page, maka jangan sampai melakukan pelanggaran itu.

Penutupan dan Kesimpulan SEO Website

Ini akan menjadi pembahasan yang menarik dan saya rasa semua orang yang ingin menekan biaya promosi di era digital seperti sekarang ini, SEO website sangatlah tepat untuk diimplementasikan sebagai strategi memenangkan persaingan usaha.

Salam,
Dedi Purnomo

Pencarian: SEO website adalah wikipedia, Contoh SEO website adalah, Cara kerja SEO website, manfaat SEO website adalah, Cara menggunakan SEO website

Tulis komentar

Komentar

    Webmentions

  1. Cara Membuat Blog Pribadi - Dedi Purnomo

    […] berfungsi untuk blog bisnis dalam jangka panjang. Batasan dalam hal desain, fungsionalitas, dan SEO akan membuatnya sangat sulit nantinya untuk mengembangkan blog kita untuk mendukung bisnis yang […]

  2. Website dan Kemajuan Belitang OKU Timur - Dedi Purnomo

    […] Baca: Seo Website adalah? […]

  3. Marketing Online Adalah? - Dedi Purnomo

    […] SEO Website. Ini adalah strategi yang paling murah dan mudah. Silahkan baca di artikel SEO Website Adalah? […]

  4. Jasa Pembuatan Website Murah - Dedi Purnomo

    […] Setting SEO Saya settingkan website Anda agar Seo Friendly di dalam dashboard website. Apa itu SEO? Baca tentang SEO Website. […]

  5. Ciri-Ciri dan Contoh Nama Domain Yang Bagus - Dedi Purnomo

    […] kunci dapat membantu meningkatkan SEO website kita -kita perlu melangkah hati-hati di sini!- Jika kita mencoba memasukkan kata-kata kunci dengan […]

  6. Cara Memajukan Usaha - Dedi Purnomo

    […] Baca artikel lebih lanjut tentang SEO? Klik SEO website adalah.. […]

  7. Langkah 4: Mengelola WordPress - Tahapan Membuat Website - Dedi Purnomo

    […] Dan saya rasa, Anda perlu belajar tentang SEO. Saya sudah menulisnya pada artikel dengan judul SEO Website Adalah? […]

  8. 5 CARA MENJADI BLOGGER YANG MENGHASILKAN UANG - Dedi Purnomo

    […] 5. Pengetahuan SEO Untuk membuat website kita disukai mesin pencari seperti google, kita harus mengikuti algoritma terbaru mesin pencari seperti google. Sebagus apapun tulisan kita jika struktur website kita tidak sesuai dengan yang diinginkan mesin pencari, maka website kita akan sulit ditemukan oleh calon pengunjung. Untuk lebih jelasnya silahkan baca postingan saya tentang SEO website. […]