Website dan Kemajuan Belitang OKU Timur

dalam Lain-lain

Website dan Kemajuan Belitang OKU Timur

Artikel tentang Website dan Kemajuan Belitang OKU Timur ini saya buat untuk mempraktikkan tehnik SEO yang baru. Bagi yang belum tahu tentang SEO, bahwa SEO adalah sebuah cara yang bisa membuat tulisan kita berada di halaman satu google. Sehingga tulisan yang kita buat mudah ditemukan oleh orang-orang yang membutuhkannya.

Tadi di google ngetik apa kok bisa sampai nemuin artikel ini? Tolong kasih tau di komentar ya.

Bagi yang belum tahu apa itu SEO, silahkan baca Seo Website.

Cara ini bisa untuk mengembangkan bisnis lho..
Misalnya kita mempunyai produk dan ingin menjualnya melalui website, maka kita harus berfikir bagaimana website kita berada di halaman satu google sehingga produk yang kita jual itu mudah ditemukan oleh orang-orang yang membutuhkan produk kita. Bahkan dari seluruh penjuru dunia yang mengakses internet.

Piye? Mau tak bantu bikin website untuk produk njenengan? Klik Jasa pembuatan website murah ya.

Loh, kok malah promosi to mas? Mana tulisan tentang Website dan Kemajuan Belitang OKU Timur?

Hehe.. sabar.. Inilah asiknya punya website pribadi. Bisa nulis promosi seenaknya.

Sekilas Tentang Belitang OKU Timur Kampung Halamanku..

Pak Sutiman: “Le, wes jam 2. Weduse gek diangon”
Dedi Purnomo: “Nggih Pak, niki mpun ajeng budal.”
Pak Sutiman: “Yo gek kono. Ojo lali gowo karunge sisan. Neng sawahe Pak Rebo kae sukete lemu-lemu.”
Dedi Purnomo: “Nggih Pak” jawab Dedi sambil membuka kandang kambingnya yang berjumlah 27 ekor.

Percakapan ini terjadi hapir setiap hari selama 6 tahun di desa Tulus Ayu, Belitang. Yaitu kurang lebih mulai dari kelas 1 SMP sampai kelas 3 Madrasah Aliah Negeri. Dedi (penulis) ini adalah penggembala kambing dan sekaligus merangkap sebagai pencari rumput untuk kambing-kambingnya.

Baiklah kita tidak akan berbicara panjang lebar tentang sejarah Belitang, kehidupan sosial, kebudayaan, pendidikan atau yang lainnya. Takut salah. Hehe..

Saya ingin menuliskan hubungan antara Belitang dan pemanfaatan website untuk pengembangan usaha pedesaan.

Peran Website Untuk Kemajuan Belitang OKU Timur

Jika di kota-kota besar banyak orang yang sudah menyadari pentingnya website dan eksistensi mereka di mesin pencari seperti Google, di Belitang kesadaran akan pentingnya hal ini masih belum tumbuh secara signifikan.

Bahkan bagi para penjual online, mereka memasarkan produk mereka melalui media sosial seperti Facebook. Kalau kita lihat group-group jual beli di Belitang,

Group jual beli belitang

Dan ini bukan sesuatu yang keliru atau hal yang aneh. Hampir di semua daerah di Indonesia ada yang seperti ini. Karena memang perilaku calon pembeli di Belitang belum banyak yang memanfaatkan mesin pencari untuk mencari informasi terkait produk atau jasa yang ingin mereka beli.

Hal ini bisa kita ketahui melalui Google keyword Planner, dimana untuk kata kunci “Belitang”, masih sangat sedikit bahkan hampir tidak ada orang yang mencarinya.

Berbeda dengan kota-kota yang lain misalkan kita ambil satu contoh Depok. Di Depok, perilaku calon pembeli selalu mencari informasi melalui mesin pencari sebelum mereka memutuskan untuk membeli atau menggunakan jasa.

Bisa kita lihat pada gambar di atas, bahwa kata kunci “Depok” ketika digandengkan dengan kata kunci “jual” maka kita bisa melihat banyak sekali orang Depok yang mengetikkan kata-kata di atas.

Begitu juga dengan Kota Jakarta. Jika kita melihat data yang ada di Google keyword planner, orang-orang di Jakarta akan mencari di mesin pencari terlebih dahulu sebelum mereka memutuskan untuk membeli suatu produk atau menggunakan jasa tertentu.

Kita bisa melihat ketika kata kunci “mobil” digandengkan dengan kata kunci “Jakarta”, maka banyak sekali muncul pencarian yang menandakan bahwa mereka mencari informasi di Google terlebih dahulu sebelum mereka membeli.

Minimal 10rb pencarian setiap bulannya

Lihatlah, kata kunci “sewa mobil jakarta” yang dicari sebanyak 10rb-100rb orang dalam satu bulan. Bayangkan jika website Anda berada dihalaman 1 Google. Tentu ini akan membuat kita sibuk menerima orderan bukan?

Atau kita lihat kata kunci yang lain. Misalnya:

Lihat, jika desa-desa di Belitang OKU Timur bisa menyediakan kerajinan tangan yang berkualitas dan mempublish di website, orang-orang yang mencari tentang kerajinan ini bisa dengan mudah melihat dan memesan kerajinan tangan yang sudah diproduksi tersebut.

Begitu pentingnya keberadaan website ini. Jika pelaku usaha di Belitang OKU Timur sadar akan pentingnya hal ini, sedikit banyak akan bisa mendongkrak perekonomian dan membantu mempromosikan usaha masyarakat yang ada di Belitang OKU Timur.

Contohnya ketika salah seorang masyarakat di Belitang membuat website dengan kata kunci penyewaan baju pengantin atau yang lainnya. Tentu ini sangat berpeluang produk yang dipromosikan melalui website itu ditemukan oleh orang-orang di Jakarta.

Berbeda ketika para pelaku usaha itu mempromosikannya di grup grup Facebook. Tentu akan sangat sulit untuk bisa ditemukan di mesin pencari seperti Google.

Kenapa para pelaku usaha di Belitang OKU Timur tidak menyadari pentingnya hal ini?

Saya melihat ada beberapa faktor penyebabnya:

  1. Sosialisai kepada masyarakat tentang pentingnya website untuk mendongkrak usaha atau mengembangkan usaha masih sangat minim.
  2. Kurangnya sarana dan prasana terutama internet.

Kita bahas dua poin di atas satu persatu ya.

1. Sosialisasi kepada masyarakat Belitang OKU Timur

Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Belitang OKU Timur tentang pentingnya website untuk mengembangkan usaha. Ada dua cara yang efektif untuk mensosialisasikan pentingnya website ini. Yaitu:

A. Melalui Sekolah

Tentu ini sangat baik apabila pemerintah bersinergi dengan sekolah-sekolah, kemudian materi tentang membuat website dan mengelola website ini dimasukkan ke dalam kurikulum atau ekstrakurikuler sekolah-sekolah.

Pembahasannya tidak perlu terlalu rumit, cukup seperti apa yang sudah saya jabarkan di kategori membuat website. Yang terpenting adalah mereka bisa membuat website dan bagaimana agar website itu mudah ditemukan di mesin pencari seperti google.

Saya yakin apabila kurikulum atau pembahasan tentang website ini dimasukkan ke dalam kurikulum anak-anak SMP atau SMA, mereka sanggup untuk mengikutinya.

Kegiatan saya sendiri saat ini, selain bekerja secara online mengelola website perusahaan, saya juga memberikan pelajaran tentang pentingnya website dan bagaimana membuat website yang baik sehingga mudah ditemukan oleh calon pembeli di salah satu sekolah di Bekasi.

B. Melalui Aparat Desa

Penyuluhan website kepada aparat desa ini juga saya nilai bisa menjadi salah satu jalan untuk mensosialisasikan website kepada masyarakat.

Misalkan pemerintah kabupaten memerintahkan agar setiap desa di Belitang OKU Timur mengutus dua atau tiga orang pemudanya kemudian nanti ditraining, diajarkan kepada mereka bagaimana membuat dan mengelola website desa. Lalu setelah itu diajarkan cara membuat produk-produk kreatif yang nantinya bisa dipromosikan di website tersebut.

2. Koneksi internet di Belitang OKU Timur

Ini juga merupakan faktor penting untuk memajukan kesadaran masyarakat tentang pentingnya website bagi kemajuan sebuah daerah.

Ini juga yang ternyata difikirkan oleh pemerintah Jawa Barat. Mereka melalui pemerintahnya, memiliki visi “JABAR PROVINSI DIGITAL”. Mereka memulai dengan maksimalkan infrastruktur DESA DIGITAL. Mereka menyediakan WiFi gratis untuk desa-desa yang memerlukannya. Semoga Belitang segera.

desa digital Belitang OKU Timur

Untuk saat ini, internet di Belitang OKU Timur memang belum stabil. Sehingga mungkin banyak dari masyarakat Belitang yang tadinya ingin terjun ke dunia online menjadi tidak bergairah ketika mereka terkendala dengan koneksi internet yang kurang cepat.

Tapi pada tahun 2019 ini, koneksi internet di Belitang OKU Timur saya lihat sudah sangat baik. Terutama untuk beberapa provider penyedia jasa layanan internet.

Saya melihat banyak dari teman-teman di Belitang yang sekarang sering live video di facebook, kemudian mulai muncul beberapa vlog baru di youtube.

Semoga ini bisa menjadi awal yang baik bagi perkembangan website dan awal kemajuan usaha online di Belitang OKU Timur.

Sudah ya, jangan banyak-banyak nulisnya. Langsung aja kenalan. Tulisa nama dan alamat di komentar ya. Apa yang teman-teman fikirkan tentang Belitang?

Tulis komentar

Komentar